Peringatan Dini BMKG: Gelombang Tinggi hingga 25 Januari

Ketinggian gelombang di Selat Makassar mencapai empat meter

Makasssar, IDN Times - Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mengeluarkan peringatan dini gelombang tinggi di perairan Sulawesi Selatan dan sekitarnya. Peringatan dini berlaku sejak 22 hingga 25 Januari 2024 pukul 20.00 Wita.

Peringatan dini dikeluarkan BMKG Stasiun Meteorologi Maritim Paotere Makassar, Senin (22/1/2024). Dalam peringatan yang diteken prakirawan Herbuana Yoga Wardhani, gelombang bisa mencapai ketinggian 2,5 hingga 4 meter di Selat Makassar Bagian Selatan dan perairan Barat Kepulauan Selayar. 

Gelombang tinggi dipicu Siklon Tropis Anggrek di Samudra Hindia barat daya Bengkulu. Pola angin di wilayah Indonesia bagian utara umumnya bergerak dari Utara-Timur Laut dengan kecepatan anginisar 6-25 knot, sedangkan di wilayah Indonesia bagian selatan umumnya bergerak dan Barat Barat Daya dengan kecepatan 6-25 knot.

"Kecepatan angin tertinggi di perairan Sulawesi Selatan terpantau 20-30 knot di Selat Makassar bagian Selatan," bunyi peringatan dini BMKG.

BMKG juga memperingatkan potensi gelombang sedang dengan ketinggian 1,25 hingga 2,5 meter. Antara lain di Perairan Parepare, Laut Flores bagian barat, Perairan Spermonde Pangkep bagian barat, Laut Flores bagian utara. Berikutnya, Perairan Spermonde Pangkep, Perairan Pulau Bonerate-Kalatoa bagian Utara, Perairan Spermonde Makassar bagian barat, Perairan P. Bonerate-Kalatoa bagian Selatan, Perairan Spermonde Makassar, Perairan Kepulauan Sabalana, Laut Flores bagian timur, dan Perairan timur Kepulauan Selayar.

Baca Juga: BMKG Peringatkan Gelombang Tiggi di Perairan Sulsel

Topik:

  • Aan Pranata

Berita Terkini Lainnya