Penumpang Mudik Lebaran di Pelabuhan Makassar Diprediksi Naik 6%

Puncak mudik lebaran pada H-10 sampai H+10 Idul Fitri

Makassar, IDN Times -  PT Pelabuhan Indonesia (Persero) Regional 4 Makassar memperkirakan peningkatan jumlah penumpang di Pelabuhan Makassar pada momen mudik lebaran Idul Fitri tahun 2024. Kenaikan jumlah penumpang diprediksi enam persen.

“Diprediksi musim mudik Lebaran tahun ini jumlah arus penumpang kapal di Pelabuhan Makassar akan sebanyak 114.348 orang,” kata General Manager (GM) Pelindo Regional 4 Makassar, Iwan Sjarifuddin, Senin (18/3/2024).

Pelindo Regional 4 mencatat, pada momen mudik lebaran tahun lalu. Penumpang naik dan turun di Pelabuhan Makassar sebanyak 107.875 orang. Jumlah itu meningkat 122,06 persen dibandingkan tahun sebelumnya.

Pelabuhan Makassar merupakan hub di Kawasan Timur Indonesia, yang selau mencatat jumlah penumpang terbanyak di antara semua pelabuhan dikelola Pelindo Regional 4. Pada tahun ini, puncak arus mudik diperkirakan berlangsung antara H-10 hingga H+10 Idul Fitri.

Iwan mengatakan, prediksi kenaikan penumpang tersebut diantisipasi dengan peningkatan fasilitas layanan. Termasuk menyiapkan mudik gratis bagi penumpang
yang akan kembali ke daerahnya.

“Kita ketahui bahwa Pelabuhan Makassar adalah pelabuhan terbesar di wilayah timur Indonesia dan selalu menjadi pelabuhan yang terbanyak arus penumpang
yang turun dan naik kapal khusus di momen mudik Lebaran Idul Fitri,” kata Iwan.

Berbagai fasilitas pun telah disiapkan Pelindo Regional 4 Makassar jauh hari sebelum memasuki bulan Ramadan. Menurut Iwan, selain menyiapkan fasilitas dan melakukan peningkatan pelayanan yang telah ada selama ini, pihaknya juga melakukan peningkatan kompetensi Sumber Daya Manusia (SDM) agar pelayanan yang diberikan terutama di saat peak season arus penumpang kapal nantinya menjadi lebih optimal dan maksimal.

Topik:

  • Aan Pranata

Berita Terkini Lainnya