Pengerjaan Renovasi Stadion BJ Habibie Parepare Dimulai

Alat berat mulai dikerahkan membongkar tribun stadion

Makassar, IDN Times - Pengerjaan renovasi dan rehabilitas Stadion Gelora BJ Habibie di Kota Parepare, Sulawesi Selatan, dimulai hari ini, Senin (18/3/2024). Stadion markas klub PSM Makassar itu ditargetkan rampung pada 31 Desember 2024.

Dimulainya pengerjaan renovasi seiring penandatanganan kontrak kerja antara Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) dengan rekanan. Penandantangan kontrak berlangsung Di Kantor Wali Kota Parepare, di hari yang sama.

"Penandatanganan kontrak renovasi Stadion BJ Habibi oleh Kementerian PUPR dengan rekanan disaksikan Direktur PUPR dan Kepala Balai Prasarana Pemukiman Provinsi Sulsel," kata Pj Wali Kota Parepare Akbar Ali, Senin.

Proyek renovasi dan revitalisasi Stadion BJ Habibie diikerjakan oleh pemenang tender, PT Usaha Subur Sejahtera dan PT Bumi Perkasa Sidenreng. Proyek dikerjakan dengan nilai penawaran Rp113 miliar, dari pagu anggaran Rp129 miliar.

Renovasi direncanakan untuk berbagai bagian kawasan stadion. Di antaranya perombakan tribun, perbaikan lapangan, pembaruan papan skor, dan pembenahan area sekitar stadion.

Dari video yang diperoleh IDN Times, pada hari pertama pengerjaan, sejumlah alat berat dikerahkan di kawasan stadion. Sebuah ekskavator terlihat merobohkan salah satu bagian bangunan tribun penonton. Sejumlah petugas juga nampak meninjau  area lapangan.

Pj Wali Kota berharap, revitalisasi dan renovasi stadion bisa berdampak terhadap peningkatan taraf ekonomi masyarakat Parepare, khususnya di sekitar stadion. "Pemkot berharap pembangunan stadion akan mendapat dampak giliran, baik ekonomi kepada masyarakat kita," kata Akbar Ali.

Akbar juga berharap, renovasi stadion juga berdampak positif pada pengembangan olahraga di Sulsel. Termasuk di cabang olahraga sepak bola, di mana Parepare jadi kandang klub profesional Liga 1, PSM Makassar, dua musim terakhir. Kenyamanan dan keamanan masyarakat juga jadi perhatian.

"Kita berharap klub bola di sulsesl, terkhusus di parepare akan lebih berprestasi, bisa melahirkan bibit sepak bola bagus. Dengan adanya penataan (sarana) sepak bola, pelayanan seluruh tifosi bisa lebih maksimal lagi," ucapnya.

Baca Juga: Pemkot Parepare Izinkan PSM Bermarkas di GBH Lima Tahun

Topik:

  • Aan Pranata

Berita Terkini Lainnya