Pemprov Sulsel dan ITDC Teken MoU soal KEK Bira-Takabonerate

ITDC bakal tarik investor buat pengembangan pariwisata

Makassar, IDN Times - Pj Gubernur Sulawesi Selatan Bahtiar Baharuddin dan Business Director Indonesia Tourism Development Corporation (ITDC) Ema Widiastuti, meneken nota kesephaman (MoU) Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Bira-Takabonerate, Kamis (14/2/2024). Penandatangan MoU berlangsung di Rumah Jabatan Gubernur Sulsel, Jalan Sungai Tangka Makassar.

MoU turut ditandatangani Bupati Kepulauan Selayar Muh Basli Ali dan Wakil Bupati Bulukumba Andi Edy Manaf. Hadir menyaksikan, Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Provinsi Sulsel, Ketua Badan Promosi Pariwisata Sulsel, Ketua Dewan Seni Sulsel, dan pemangku kepentingan lainnya.

Business Development Director ITDC Ema Widiastuti menjelaskan, ITDC sebagai bagian dari Badan Usaha Milik Negara (BUMN) diberikan amanah untuk mengelola pariwisata di Indonesia. Dia mencontohkan kawasan wisata seperti Bali, Lombok, dan Labuan Bajo. Pengembangan kawasan Bira-Takabonerate yang terletak di Kabupaten Bulukumba dan Selayar bakal jadi agenda selanjutnya.

"Kami sangat menyambut KEK Bira dan Takabonerate ini. Apalagi Indonesia adalah negara yang memiliki aset terbesar soal pariwisata se-Asean," katanya.

Ema menyebut  pariwisata merupakan aset yang dimiliki negara Indonesia yang harus dikelola dengan baik agar bisa menjadi devisa baru bagi daerah dan negara. Salah satu target Indonesia maju adalah mengembangkan pariwisata supaya bisa menyumbang devisa negara.

Potensi wisata, menurut dia, harus dikelola dengan baik agar bisa menjadi sumber devisa. Hal tersebut juga berlaku untuk kawasan wisata di Sulse.

"Dulu saya melihat pantai Losari, makanan di sana, benar-benar Indonesia sangat kaya. Begitu juga kawasan Selayar sangat cantik. Dan kalau ini kelola dengan baik, yang lain tidak ada apa-apanya," tuturnya.

Pj Gubernur Sulsel, Bahtiar Baharuddin mengapresiasi kolaborasi berbagai pihak yang mewujudkan MoU. "Tidak mudah untuk menggerakkan pariwisata ini. Karena itu, ada ITDC yang akan menarik para investor untuk masuk. Makanya kita harus berjuang bersama untuk pengembangan pariwisata di Provinsi Sulsel ini," ungkap Bahtiar.

Baca Juga: 8 Aktivitas Seru di Taman Nasional Takabonerate, Surga Para Divers!

Topik:

  • Aan Pranata

Berita Terkini Lainnya