Pemkot Makassar Siapkan Koridor Kota Makan Enak 24 Jam di Losari

Jadi ajang promosi kuliner Makassar secara terpusat

Makassar, IDN Times - Wali Kota Makassar M. Ramdhan 'Danny' Pomanto mengungkap rencana Pemerintah Kota menghadirkan lokasi khusus kuliner untuk mempromosikan Kota Makan Enak. Rencananya lokasi itu berupa sebuah koridor di kawasan Anjungan Pantai Losari yang terbuka sepanjang hari.

“Durasinya 24 jam. Makanannya diatur, bagaimana 40 macam makanan khas Makassar harus ada dijual di situ, 24 jam,” kata Danny di Makassar, Selasa (19/3/2024).

Danny mengatakan, Pemkot bekerja sama Bank Sulselbar tengah mendesain perencanaan tersebut. Nantinya kuliner Makassar dapat dipromosikan di satu area khusus. Selama ini program Kota Makan enak masih memanfaatkan objek restoran yang ada dan tersebar.

Untuk tahap awal, Pemkot melalui Dinas Koperasi dan UMKM akan menempatkan 85 gerobak untuk ditempati pedagang. Dengan bantuan CSR Bank Sulselbar, rencananya akan hadir 150 gerobak di sana. Pengadaan kawasan khusus sekaligus jadi upaya penataan pedagang kaki lima di Pantai Losari.

“Nantinya kaki lima di bagian utara akan ditata baik di selatan. Ada pengolahan pembuangan limbahnya, toilet akan dibenahi juga keramik dengan standar higiene,” kata Danny.

Di sisi lain, Pemkot mendukung penggunaan sistem pembayaran berbasis digital melalui QRIS. Hal itu sejalan dengan misi Bank Sulselbar, yakni membantu UMKM dan perdagangan digital.

Danny berharap, kawasan koridor Kota Makan Enak bisa mulai dikerjakan pada Juli 2024 mendatang. Diharapkan program itu bisa mendorong pengembangan pariwisata serta menambah kenyamanan pengunjung.

“Intinya kawasan ini 24 jam di Makassar sebagai Kota Makan Enak,” katanya.

Topik:

  • Aan Pranata

Berita Terkini Lainnya