Pemberangkatan 37 Kloter Embarkasi Haji Makassar Rampung

Jemaah haji berjumlah 16.644 orang terbang ke Saudi

Makassar, IDN Times - Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Embarkasi Makassar merampungkan pemberangkatan jemaah haji ke Arab Saudi. Total 16.644 orang diberangkatkan dalam 37 kelompok penerbangan.

Kloter 37 atau penutup berangkat dari Asrama Haji Sudiang Makassar melalui Bandara Internasional Sultan Hasanuddin, Sabtu (8/6/2024). Kloter ini membawa 174 orang asal Enrekang, kabupaten Luwu Utara 210 orang, kota Parepare satu orang, kabupaten Luwu satu orang, provinsi Sulawesi Tenggara dua orang, dan Provinsi Maluku satu orang.

"Kita berangkatkan kloter terakhir, yaitu kloter 37 sebanyak 455 orang. Jumlah keseluruhan jemaah haji yang telah diberangkatkan 16.644 orang, dengan rincian pria 5.997 dan wanita 10.647," kata Ketua PPIH Embarkasi Makassar M. Tonang, dalam keterangan yang dikutip, Senin (10/6/2024).

Tonang menyampaikan terima kasih kepada seluruh stakeholder, yang selama ini membantu proses penerimaan dan pemberangkatan jemaah haji di asrama haji Sudiang Makassar. "Kami ucapkan terima kasih banyak kepada seluruh panitia, atas kerjasamanya sehingga proses pemberangkatan Jemaah Haji terlaksana dengan baik," ucapnya.

Embarkasi Makassar menjadi pintu keberangkatan jemaah haji asal delapan provinsi. Selain Sulawesi Selatan, jemaah berasal dari Sulawesi Tenggara, Sulawesi Barat, Gorontalo, Maluku, Maluku Utara, Papua, dan Papua Barat.

Baca Juga: Puncak Haji, Ini Aturan Wukuf yang Harus Dipahami Jemaah

Topik:

  • Aan Pranata

Berita Terkini Lainnya