Pelindo Terapkan e-Pass di Pelabuhan Paotere untuk Cegah Pungli

Karcis elektronik berlaku untuk orang dan kendaraan

Makassar, IDN Times - PT Pelabuhan Indonesia (Persero) Regional 4 Makassar menerapkan penggunaan karcis elektronik atau e-pass di kawasan Pelabuhan Paotere Makassar. Sistem karcis elektronik berlaku untuk setiap kendaraan atau orang yang hendak masuk.

General Manager Pelindo Regional 4 Makassar Suhadi Hamid mengatakan bahwa salah satu alasan perapan e-pass adalah menghindari pungutan liar. Pelabuhan jadi salah satu kawasan rawan pungli.

“Kita ingin menghindari pungli di pelabuhan. Kita akan mengedukasi pengguna jasa dan petugas agar tak ada pungli,” kata Suhadi dalam siaran persnya, Jumat (19/5/2023).

Baca Juga: Asal-usul Nama Pelabuhan Paotere di Makassar dari Bahasa Portugis

1. Jadi salah satu upaya penataan kawasan pelabuhan rakyat

Pelindo Terapkan e-Pass di Pelabuhan Paotere untuk Cegah PungliPelabuhan Paotere, Makassar, Sulsel, Jumat (27/4/2012). (ANTARA FOTO/Sahrul Manda Tikupadang)

Suhadi mengatakan, akan ada sosialisasi kepada masyarakat sebelum e-pass berlaku wajib di kawasan Pelra Paotere. Terutama bagi para pengguna jasa dan asosiasi pelayaran rakyat (Pelra) yang ada di kawasan tersebut.

Kepala Unit Kawasan Paotere, Hadriana Hasan menuturkan bahwa Pelabuhan Paotere saat ini mulai dilirik para investor. Penggunaan e-pass menjadi salah satu syarat dari investor untuk masuk berinvestasi di kawasan Pelabuhan Paotere.

“Kami saat ini juga sedang menata kembali kawasan Pelabuhan Paotere yang cukup banyak dikunjungi wisatawan asing. Karena selain merupakan kawasan pelabuhan yang menghubungkan antar pulau-pulau kecil di Sulawesi Selatan dan pulau lainnya di wilayah timur Indonesia, Pelabuhan Paotere juga menjadi salah satu lokasi wisata sebab merupakan pelabuhan rakyat tertua di Sulsel," kata Hadriana.

2. Manajemen pelabuhan siapkan fasilitas dan sarana penunjang

Pelindo Terapkan e-Pass di Pelabuhan Paotere untuk Cegah PungliPT Pelindo Regional 4 menerapkan sistem karcis elektronik di kawasan pelabuhan rakyat Paotere Makassar. (Dok. IDN Times/Pelindo Regional 4)

Hadriana mengatakan, salah satu investor yang ingin masuk berencana membangun sarana dan fasilitas mini soccer. Lapangan itu untuk memfasilitasi masyarakat, khususnya kawasan sekitar pelabuhan yang gemar olahraga sepak bola mini.

“Ada investor yang tertarik membangun mini soccer di kawasan Pelabuhan Paotere. Semoga dalam waktu dekat ini pembangunannya bisa segera diwujudkan,” ujarnya.

3. Lahan persewaan PKL ditata ulang

Pelindo Terapkan e-Pass di Pelabuhan Paotere untuk Cegah PungliAktivitas kapal di Pelabuhan Rakyat Paotere Makassar, Sulawesi Selatan (Sulsel) saat berlabuh, Sabtu (28/5/2022). Dahrul Amri/IDN Times Sulsel

Selain itu, dia melanjutkan, pihaknya juga menata kembali persewaan lahan khususnya untuk para pedagang kaki lima (PK5) dan membuat photo booth. Semua itu dilakukan agar kawasan Pelabuhan Paotere semakin menarik untuk dikunjungi lebih banyak lagi wisawatan.  

Saat ini kata dia, ada sekitar 49 PK5 yang memanfaatkan lahan Pelindo di Pelabuhan Paotere. “Semoga semua upaya dan pembenahan yang kami lakukan di kawasan Pelabuhan Paotere mendapat dukungan dari semua pihak, utamanya stakeholder pelabuhan dan para pengguna jasa serta tentunya masyarakat sekitar,” ucap Nanna. 

Baca Juga: Pelindo Cetak Laba Rp3,9 Triliun Sepanjang 2022  

Topik:

  • Aan Pranata

Berita Terkini Lainnya