Pegiat Hewan Gelar Vaksinasi Kucing dan Anjing Gratis di Makassar

Menyambut kampanye global Hari Rabies Sedunia

Makassar, IDN Times - Pegiat hewan yang tergabung dalam Rumah Kucing Zorro menggelar kegiatan vaksinasi gratis untuk kucing dan hewan di Makassar. Kegiatan itu sebagai penyemarak kampanye global Hari Rabies Sedunia, pada 28 September setiap tahun.

Vaksinasi terbuka untuk masyarakat umum, khususnya pemilik kucing dan hewan, untuk mencegah penyebaran virus rabies. Kegiatan itu diharapkan jadi ajang edukasi bagi masyarakat untuk menjaga dan meningkatkan kesehatan hewan peliharaan.

"Semoga semua pecinta hewan menyadari bahwa kita harus memberikan kesehatan yang bagus untuk kucing-kucing kita, anjing kita. Antara lain harus memvaksinnya setahun sekali," kata owner Rumah Kucing Zorro Budiati Bahtiar, saat diwawancarai wartawan, Senin (18/9/2023).

Baca Juga: Hari Rabies Sedunia, Mengapa Rabies Sangat Mematikan?

1. Disiapkan seribu dosis vaksin

Pegiat Hewan Gelar Vaksinasi Kucing dan Anjing Gratis di MakassarDokter hewan menyuntikkan vaksin kepada anjing peliharaan saat vaksinasi rabies gratis di Makassar, Sulawesi Selatan, Senin (18/9/2023). (ANTARA FOTO/Arnas Padda)

Kegiatan Vaksinasi rabies dipusatkan di halaman Kantor Lurang Tamparang Keke, Jalan Baji Pa'mai, Kecamatan Mamajang, Makassar, sejak Senin. Rencananya kegiatan digelar selama beberapa hari ke depan. Panitia menyiapkan seribu dosis vaksin rabies untuk kucing dan anjing.

"Kami siapkan untuk seribu hewan. Kami buka vaksinasi selama beberapa hari, karena tidak mungkin habis dalam satu hari," ucap Budiati.

Dia mengatakan, awalnya vaksinasi gratis disediakan untuk pecinta hewan di sekitar Rumah Kucing Zorro. Namun targetnya diperluas karena antusias pecinta kucing untuk ikut meluas. "Saat ini terdaftar sekitar 470 anjing dan kucing," Budiati menyebutkan.

2. Rumah Kucing Zorro mengurusi kucing terlantar

Pegiat Hewan Gelar Vaksinasi Kucing dan Anjing Gratis di MakassarWarga antre untuk memeriksakan kesehatan hewan peliharaannya saat vaksinasi rabies gratis di Makassar, Sulawesi Selatan, Senin (18/9/2023). (Dok. Istimewa)

Rumah Kucing Zorro merupakan wadah pegiat hewan yang awalnya beraktivitas menyelamatkan kucing-kucing terlantar di jalan. Misalnya kucing sakit atau tertabrak kendaraan yang butuh pertolongan dan perawatan. 

Biasanya, Rumah Kucing Zorro mengambil kucing terlantar di jalan untuk disterilkan dan dirawat serta dilayakkan hidupnya. Setelah itu kucing yang dianggap sudah layak dilepaskan kembali. Pegiat juga rutin berkeliling memberikan pakan kepada kucing-kucing di jalan.

"Tapi belakangan ini, karena sudah terlalu banyak, jadi untuk menutupi biayanya, kami memubka usaha titip kucing, grooming, vaksin, dan steril," kata Budiati. "Zorro yang jadi nama itu salah satu kucing terlantar yang tertabrak di jalan," dia menambahkan.

3. Pemilik kucing antusias mengikuti vaksinasi rabies

Pegiat Hewan Gelar Vaksinasi Kucing dan Anjing Gratis di MakassarWarga antre untuk memeriksakan kesehatan hewan peliharaannya saat vaksinasi rabies gratis di Makassar, Sulawesi Selatan, Senin (18/9/2023). (ANTARA FOTO/Arnas Padda)

Vaksinasi gratis mendapat tanggapan positif pecinta kucing dan hewan. Salah satunya Nikita, yang membawa kucing kampung peliharaannya untuk disuntik vaksin rabies. Dia mengatakan, selama memelihara kucingnya delapan bulan ini, belum pernah divaksin.

"Cuma rutin diberi obat cacing. Hari ini mau ikut vaksinasi karena difasilitasi, apalagi ada dokternya, jadi sekalian konsultasi," ucap Nikita.

Dia mengatakan, sejak memelihara kucing, anabulnya pernah sakit demam. Saat itu dia membawanya ke dokter hewan. Harapannya, dengan diberi vaksin rabies, kesehatan kucingnya semakin terjaga.

Baca Juga: Pentingnya Vaksin Rabies Bagi Anjing, Agar Tak Mengancam Jiwa!

Topik:

  • Aan Pranata

Berita Terkini Lainnya