Ni'matullah Ditunjuk Lanjut Pimpin Demokrat Sulsel

Ni'matullah jadi Ketua DPD Demokrat Sulsel periode 2022-2027

Makassar, IDN Times - Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Partai Demokrat akhirnya menunjuk Ketua Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Demokrat Sulawesi Selatan periode 2022-20227. Dia tak lain Ni'matullah, ketua periode sebelumnya.

Penunjukan itu disampaikan Deputi Badan Pemenangan Pemilu DPP Partai Demokrat Andi Nurpati. Ni'matullah menyingkirkan kandidat pesaingnya, eks Wali Kota Makassar Ilham Arief Sirajuddin, yang juga pernah menjabat Ketua DPD Demokrat Sulsel.

"DPP kembali memberikan amanah ke pak Ulla memimpin PD Demokrat Sulsel," kata Andi Nurpati saat dikonfirmasi, Rabu (30/3/2022).

Baca Juga: 16 DPC Tolak LPJ Ni'matullah di Musda DPD Demokrat Sulsel

1. Pilihan Tim 3 DPP berbeda dengan hasil Musda Demokrat Sulsel

Ni'matullah Ditunjuk Lanjut Pimpin Demokrat SulselIlham Arief Sirajuddin berfoto bersama Ni'matullah saat Musda ke-IV DPD Partai Demokrat Sulsel di Hotel Four Points Makassar, Rabu (22/12/2021). IDN Times/Istimewa

Ada dua kandidat yang bersaing memperebutkan posisi ketua DPD Demokrat Sulsel, merujuk hasil Musyawarah Daerah pada akhir Desember 2021 lalu. Mereka adalah Ni'matullah dan Ilham Arief Sirajuddin.

Dalam Musda tersebut, kandidat memperebutkan 26 suara, yaitu 24 Dewan Pimpinan Cabang (DPC) tingkat kabupaten/kota, 1 DPD tingkat provinsi, dan 1 DPP. Berdasarkan hasil voting, Ilham Arief Sirajuddin mengumpulkan mayoritas suara dengan total 16 suara. Sedangkan, Ni'matullah hanya mengumpulkan sembilan suara, yang terdiri dari 8 DPC dan satu DPD. Sisanya satu suara dari DPP menyatakan abstain.

Kedua nama itu diproses oleh Tim 3 di DPP Demokrat yang terdiri dari Ketua Umum, Sekretaris Jenderal dan Kepala Badan Pembinaan Organisasi, Kaderisasi dan Keanggotaan (BPOKK). Tim 3 yang jadi pemegang keputusan akhir siapa kandidat terpilih.

2. Ni'matullah siap merangkul kubu sebelah

Ni'matullah Ditunjuk Lanjut Pimpin Demokrat SulselIDN Times/Abdurrahman

Ni'matullah membenarkan bahwa DPP sudah memutuskan penunjukkannya sebagai Ketua DPP Demokrat Sulsel. Dia menyatakan siap dengan amanah tersebut.

Ulla yang menjabat Wakil Ketua DPRD Sulsel mengucapkan terima kasih atas dukungan berbagai pihak. Dia menyatakan siap memimpin partainya di meraih kejayaan di Sulsel. Dia siap membangun komunikasi dengan Ilham Arief Sirajuddin. 

"(Juga) merangkul semua DPC serta kader yang mendukung pak IAS di Musda," katanya.

3. Pemimpin sesuai kriteria AHY

Ni'matullah Ditunjuk Lanjut Pimpin Demokrat SulselKetua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) (IDN Times/Margith Juita Damanik)

Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) sempat membeberkan sedikit kriteria calon ketua yang layak memimpin Demokrat Sulsel. Itu dia sampaikan saat berkunjung ke Makassar, 16 Februari 2022.

Menurut AHY, tidak ada kriteria khusus. Yang penting kriteria itu sesuai dengan standar Demokrat dan mengikuti AD/ART Partai Demokrat.

"Sama seperti yang lainnya, tentu kita ingin mencari pemimpin-pemimpin ke depan yang memiliki kapasitas, integritas dan upaya memajukan partai dengan sebaik-baiknya," kata AHY.

Baca Juga: Demokrat Akhirnya Tunjuk PAW Abdi Asmara di DPRD Makassar

Topik:

  • Aan Pranata

Berita Terkini Lainnya