Mutasi Polri, Kapolda Sulsel dan Kapolrestabes Makassar Diganti

Kapolda Sulsel dijabat Irjen Setyo Boedi Moempoeni Harso

Makassar, IDN Times - Kepala Polda Sulawesi Selatan dimutasi dalam rangka rotasi pejabat Polri. Jabatan yang kini dijabat Irjen Nana Sudjana bakal diduduki Irjen Setyo Boedi Moempoeni Harso.

Mutasi tertuang dalam Surat Telegram Rahasia Kapolri Nomor ST/713/III/KEP/2023 tertanggal 27 Maret 2023. Kepala Divisi Humas Polri Irjen Dedi Prasetyo membenarkan mutasi tersebut.

“Mutasi Pati dan Pamen Polri Bulan Maret 2023,” kata Dedi kepada IDN Times, Rabu (29/3/2023).

1. Irjen Nana Sudjana ditarik ke Mabes Polri

Mutasi Polri, Kapolda Sulsel dan Kapolrestabes Makassar DigantiIlustrasi Gedung Mabes Polri (polri.go.id)

Menurut surat itu, Irjen Nana Sudjana dimutasi menjadi Perwira Tinggu (Pati) Itwasum Polri. Jabatan itu dalam rangka penugasan di DPR RI.

Posisi Kapolda Sulsel diisi Irjen Setyo Boedi Moempoeni Harso, yang sebelumnya menjabat Wakil Komandan Korps Brimob Polri. Setyo, lulusan Akpol 1988 ini berpengalaman dalam bidang Brimob, di mana riwayat jabatannya banyak berkutat di korps tersebut. Dia pernah menjabat Wakil Kapolda Sulawesi Tengah pada tahun 2018.

2. Kapolrestabes Makassar juga dimutasi

Mutasi Polri, Kapolda Sulsel dan Kapolrestabes Makassar DigantiKapolrestabes Kota Makassar Kombel Pol Budhi Haryanto saat berbicara di konferensi pers lomba Kapolrestabes Makassar Cup di Garasi Nipah Park, Jumat 13 Mei 2022. (Dok. Humas Kalla Toyota)

Mutasi di tubuh Polri juga berlaku untuk jabatan Kepala Polrestabes Makassar. Kapolrestabes yang semula dijabat Kombes Budi Haryanto akan digantikan oleh Kombes Mokhamad Ngajib.

Kombes Ngajib sebelumnya menjabat Kapolrestabes Palembang. Sedangkan Kombes Budi dimutasi sebagai Waketbidkermadianmas STIK Lemdiklat Polri. 

3. Ada 473 pejabat Polri dimutasi, 7 Kapolda

Mutasi Polri, Kapolda Sulsel dan Kapolrestabes Makassar DigantiKadiv Humas Polri, Irjen Pol Dedi Prasetyo (IDN Times/Irfan Fathurohman)

Kadiv Humas Polri Irjen Dedi menyebutkan bahwa ada empat surat telegram Kapolri tentang mutasi yang terbit pada 27 Maret 2023. “Secara keseluruhan terdapat 473 personel yang mutasi,” ujarnya.

Di antara daftar mutasi, terdapat tujuh kapolda yang berganti pejabat. Selain Sulsel, kapolda yang dimutasi, masing-masing, Kapolda Metro Jaya yang kini dijabat Irjen Karyoto, Kapolda Sulawesi Tengah diisi Irjen Agus Nugroho, dan Kapolda Jawa Barat ditempati Irjen Akhmad Wiyagus.

Berikutnya, Kapolda Lambung dijabat Irjen Helmy Santika, Irjen Angesta Romando Yoyol sebagai Kapolda Gorontalo, dan Brigjen Pipit Rismanto jadi Kapolda Kalimantan Barat.

 

Topik:

  • Aan Pranata

Berita Terkini Lainnya