Mulai Selasa, Jemaah Haji Pulang Bertahap ke Tanah Air

Pemulangan jemaah usai fase puncak ibadah haji selesai

Makassar, IDN Times - Jemaah haji asal Indonesia akan memasuki fase kepulangan ke Tanah Air. Saat ini jemaah tengah menjalani fase puncak haji di Arafah, Muzdalifah, dan Mina, yang berakhir 1 Juli 2023.

Ketua Petugas Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Arab Saudi 1444 H/2023 M Subhan Cholid mengatakan, proses kepulangan jemaah haji Indonesia akan mulai berlangsung pada 4 Juli 2023. 

"Jemaah haji Indonesia kelompok terbang (kloter) pertama akan dipulangkan ke Tanah Air mulai 4 Juli 2023. Penimbangan koper akan dilakukan dua hari sebelum keberangkatan jemaah," kata Subhan Cholid dalam keterangan yang dikutip, Jumat (30/6/2023).

Baca Juga: 24 Jemaah Haji Indonesia Wafat Saat Prosesi Puncak Haji Arafah-Mina

1. Barang bawaan jemaah dibatasi

Mulai Selasa, Jemaah Haji Pulang Bertahap ke Tanah AirANTARA FOTO/Aloysius Jarot Nugroho

Ada sejumlah ketentuan terkait barang bawaan yang harus dipahami jemaah. Subhan meminta maskapai penerbangan, baik Garuda Indonesia maupun Saudia Airlines, untuk secara masif menggalakkan sosialisasi.

"Selama ini, Kemenag sudah sejak awal memberikan pemahaman kepada jemaah tentang adanya ketentuan barang bawaan. Ada batas maksimal berat koper yang hanya 32kg. Ada juga sejumlah barang yang dilarang untuk dibawa," kata Subhan.

Jemaah haji yang berangkat pada gelombang pertama mendarat di Bandara Amir Muhammad bin Abdul Aziz (AMAA) Madinah. Mereka akan pulang dari Bandara King Abdul Aziz Jeddah. Total ada 263 kloter yang akan pulang melalui Jeddah.

"Jemaah haji gelombang kedua yang mendarat di Jeddah, termasuk 13 kloter kuota tambahan yang mendarat di Madinah, akan pulang melalui Bandara AMAA Madinah," paparnya.

2. PPIH Debarkasi Makassar siap menyambut kepulangan jemaah

Mulai Selasa, Jemaah Haji Pulang Bertahap ke Tanah AirIlustrasi jemaah haji. (ANTARA FOTO/Aloysius Jarot Nugroho)

Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Debarkasi Makassar siap melayani kedatangan jemaah haji dari Arab Saudi. Jemaah dijadwalkan tiba di Tanah Air bertahap, sejak 5 Juli hingga 3 Agustus 2023.

Kesiapan penyambutan jemaah haji disampaian Sekretaris PPIH Debarkasi Makassar Ali Yafid, pada rapat koordinasi yang digelar Ditjen Penyelenggaraan Haji dan Umrah Kemenag secara daring, Selasa malam (27/6/2023). Ali melaporkan bahwa PPIH Debarkasi Makassar bersama pihak Garuda dan Angkasa Pura sebelumnya telah menggelar rapat internal guna mempersiapkan segala sesuatunya dalam mengantisipasi kedatangan jemaah haji.

PPIH telah berkoordinasi rumah sakit terdekat untuk mengantisipasi jika ada anggota jemaah yang membutuhkan perawatan intensif. Begitu pula untuk jemaah haji transit asal luar Sulawesi Selatan yang hendak menginap sebelum kembali ke tempat asal masing-masing, PPIH telah berkoordinasi dengan pihak UPT Asrama Haji Makassar maupun dengan pihak pengelola hotel terdekat dari Sudiang Makassar.

3. Embarkasi Makassar pintu pemberangkatan jemaah asal delapan provinsi

Mulai Selasa, Jemaah Haji Pulang Bertahap ke Tanah AirKloter 1 jemaah haji asal Makassar tiba di Asrama Haji Sudiang. (Istimewa)

Pada tahun ini, PPIH Embarkasi Makassar memberangkatkan jemaah haji berjumlah 16.888 orang. Jemaah diterbangkan dari Makassar secara bertahap dalam 44 kelompok terbang, termasuk tiga kloter kuota tambahan. 

Dari jumlah itu, 7.914 di antaranya berasal dari Sulawesi Selatan. Sedangkan 8.762 berasal dari tujuh provinsi, yaitu Sulawesi Tenggara, Sulawesi Barat, Gorontalo, Papua, Papua Barat, Maluku, dan Maluku Utara. Di antara rombongan terdapat petugas TPHI, TPIHI dan TKHI yang berjumlah 212 orang.

Ali Yafid menyampaikan bahwa pada tahun ini seremoni penerimaan jemaah di Asrama Haji Sudiang cukup satu kali. Yaitu saat kloter pertama tiba di Aula Arafah Asrama Haji Makassar. Pada tahun-tahun sebelumnya, seremoni penerimaan dilakukan setiap kedatangan kloter jemaah haji.

“Seremoni penerimaan jemaah secara resmi hanya dilakukan satu kali, yaitu ketika kloter pertama tiba dan akan diterima oleh Gubernur Sulawesi Selatan,” kata Ali Yafid.

Baca Juga: PPIH Debarkasi Makassar Siap Sambut Kepulangan Jemaah Haji

Topik:

  • Aan Pranata

Berita Terkini Lainnya