Masyarakat Antusias Salat Subuh Berjemaah di Pantai Losari

Gerakan salat subuh berjemaah digaungkan ke lorong-lorong

Makassar, IDN Times - Ratusan orang mengikuti salat subuh berjemaah di anjungan Pantai Losari Kota Makassar, Sabtu (15/4/2023). Gerakan Makassar Salat Subuh Berjemaah (GMSSB) digelar Pemerintah Kota setiap pekan selama Ramadan 1444 Hijriah.

Jemaah mengikuti ibadah di salat subuh dilanjutkan dengan tauziah. Di hadapan jemaah, Wali Kota Makassar Danny Pomanto mengungkapkan rasa syukur sebab masyarakat masih antusias mengikuti kegiatan itu di pekan terakhir bulan Ramadan.

"Di akhir Ramadan ini kita harus tambah semangat," kata Danny Pomanto dalam sambutannya.

Baca Juga: [FOTO] Ribuan Orang Salat Subuh di Pantai Losari Makassar

1. Danny ingatkan masyarakat tunaikan zakat serta mengeluarkan infak dan sedekah

Masyarakat Antusias Salat Subuh Berjemaah di Pantai LosariWali Kota Makassar Danny Pomanto. IDN Times/Aan Pranata

Danny berharap momentum Gerakan Makassar Salat Subuh Berjemaah mendorong umat muslim meningkatkan kualitas keimanan. Dia sekaligus mengingatkan warga Makassar menunaikan zakat serta mengeluarkan infak dan sedekah di bulan Ramadan.

"Jadi mari kita menyempurnakan amaliah Ramadan dengan infaq, zakat, dan sedekah. Di samping tema yang selalu kita ulang-ulang setiap tahun, jagai anak ta', jagai kota ta', dan jagai umat ta'," ujarnya.

2. Pemkot jalankan rangkaian kegiatan keagamaan selama Ramadan

Masyarakat Antusias Salat Subuh Berjemaah di Pantai LosariGerakan Makassar Salat Subuh Berjemaah jadi agenda rutin Pemerintah Kota Makassar setiap pekan selama bulan Ramadan 1444 Hijriah. (Dok. Humas Pemkot Makassar)

Di bawah kepemimpinan Danny Pomanto dan Wakil Wali Kota Fatmawati Rusdi, Pemerintah Kota Makassar menjalankan sejumlah kegiatan keagamaan pada bulan Ramadan tahun ini. Lewat kegiatan itu, diharapkan masyarakat bisa memperkuat keimanan.

Selain GMSSB, Pemkot Makassar juga menggelar Salat Tarawih Berjemaah di Balai Kota setiap pekan. Begitu juga di lorong wisata, seluruh OPD lingkup Pemkot Makassar bersilaturahmi bersama warga dan memberikan bantuan sembako.

Tidak hanya bersilaturahmi, pemerintah kota juga menyiapkan dai milenial untuk memberikan tausiah kepada masyarakat yang ada di lorong wisata. Termasuk menggelar Safari Ramadan di masjid-masjid se-Kota Makassar.

3. Salat subuh berjemaah digaungkan ke lorong-lorong

Masyarakat Antusias Salat Subuh Berjemaah di Pantai LosariWakil Wali Kota Makassar Fatmawati Rusdi (kanan) menyerahkan bantuan dari Pemerintah Kota kepada penghapal Alquran. (Dok. Humas Pemkot Makassar)

Wakil Wali Kota Makassar Fatmawati Rusdi berharap GMSSB bisa dijalankan di lorong-lorong. Gerakan itu bisa diikuti dengan kegiatan Pengajian Lorong.

Dalam pelaksanaan GMSSB kali ini dirangkaikan pula penyerahan zakat, infak serta sedekah, kepada Baznas Makassar untuk kemudian disalurkan kepada yang berhak menerima.

Fatmawati Rusdi, dalam kesempatan tersebut juga menyerahkan zakat pribadi, serta infak Pemkot Makassar senilai Rp147 juta ke Baznas Makassar.

Baca Juga: Kisah Difabel di Makassar 25 Tahun Keliling Bangunkan Warga Sahur 

Topik:

  • Aan Pranata

Berita Terkini Lainnya