Manasik di Soppeng, Jemaah Haji Diimbau Perbaiki Niat Ibadah

Tahun ini Soppeng dapat kuota haji 271 orang

Makassar, IDN Times - Sebanyak 271 calon haji mengikuti bimbingan manasik haji reguler tingkat kabupaten di Masjid Agung Darussalam, Soppeng, Rabu (24/4/2024). Hadir sebagai pemateri Kepala Bidang Penerangan Agama Islam dan Pemberdayaan Zakat dan Wakaf Kantor Wilayah Kementerian Agama Sulawesi Selatan Abdul Gaffar.

Jemaah haji Soppeng dijawalkan berangkat ke Arab Saudi dalam dua kelompok terbang pada musim haji tahun ini. Sebanyak 269 orang di antaranya terbang ke Jeddah Arab bersama kloter 16 Embarkasi Makassar pada 24 Mei 2024 .Mereka tergabung dengan 158 orang asal Pangkep dan 14 dari Makassar serta 9 petugas kloter. Sisanya, dua orang, tergabung dengan kloter 26 yang diberangkatkan tanggal 30 Mei 2024.

Kepada jemah haji yang mengikuti manasik, Abdul Gaffar berpesan agar sebaiknya memperbaharui sebelum melaksanakan ibadah haji sebagai ukun Islam yang kelima. "Tapagassingi niatta. Perbaiki dan luruskan niatta. Niat kita melaksanakan ibadah haji adalah semata untuk mendapatkan ridha dari Allah SWT," kata Gaffar.

Selain itu, mantan Kepala Kantor Kemenag Kota Parepare ini mengingatkan jemaah bahwa ibadah haji adalah ibadah yang proses pelaksanaannya sungguh menguras tenaga. "Proses ibadahnya sungguh luar biasa capeknya. Proses administrasi sudah selesai, sekarang yang akan dijalani adalah proses ibadahnya. ini dibutuhkan kebugaran fisik, untuk itu siapkan fisikta dengan baik. ikuti arahan selama manasik haji ini untuk jadi bekal kita nantinya," imbuhnya.

Di akhir arahan dan materinya, Abdul Gaffar mengimbau jemaah agar saling membantu. Baik pada saat masih berada di tanah air maupun pada saat pelaksanaan ibdah haji di tanah suci. "Tolong tunjukkan bahwa jemaah haji Soppeng adalah jemaah yang paling tertib, dan kami harap bapak ibu saling bantu-membantu, terutama membantu jemaah lansia kita," pungkasnya.

Tahun ini, anggota jemaah termuda di Kabupaten Soppeng berusia 31 tahun dan tertua 92 tahun. Adapun masa tunggu jemaah haji di daerah ini rata-rata 14 tahun, sebagaimana disampaikan Kakan Kemenag Soppeng, Afdal dalam laporannya.

Topik:

  • Aan Pranata

Berita Terkini Lainnya