Lokasi Salat Idul Fitri di Makasar, Jumat 21 April 2023

Muhammadiyah sudah lebih dulu menetapkan tanggal 1 Syawal

Makassar, IDN Times - Simak dan catat jadwal lokasi salat Idulfitri 1444 Hijriah tahun 2023 di Kota Makassar dan sejumlah daerah di Sulawesi Selatan di bawah ini.

Pemerintah melalui Kementerian Agama baru akan menggelar sidang isbat pada Kamis (20/4/2023) untuk menentukan tanggal hari raya Idul Fitri atau 1 Syawal 1444 Hijriah. Lebaran menurut pemerintah bisa saja jatuh pada Jumat, 21 April 2023 atau Sabtu, 22 April 2023.

Sebelumnya ormas Muhammadiyah melalui metode hisab telah lebih dulu menetapkan tanggal hari raya Idulfitri bertepatan dengan 21 April 2023, pukul 11.15 WIB. Penetapan ditandatangani Wakil Ketua Majelis Tarjih dan Tajdid PP Muhammadiyah, Oman Fathurahman, dan Sekretaris Majelis Tarjih dan Tajdid PP Muhammadiyah, Mohammad Mas'ud.

"Tinggi bulan pada matahari saat itu di Yogyakarta menunjukkan hilal (¢ = -07° 48' dan l = 110° 21' BT) = +01° 47' 58'). Artinya, hilal sudah wujud," dalam surat edaran tersebut.

Pengurus Muhammadiyah di sejumlah daerah telah menetapkan lokasi salat Idulfitri, termasuk Makassar daerah lain di Sulawesi Selatan. Berikut ini informasinya, dihimpun dari khittah.co, laman media resmi Pimpinan Wilayah (PW) Muhammadiyah Sulsel.

Baca Juga: 6 Amalan Sunah Sebelum Salat Idulfitri, Mudah dan Berpahala Besar

1. Lokasi salat Idulfitri di Kota Makassar

Lokasi Salat Idul Fitri di Makasar, Jumat 21 April 2023Ilustrasi jemaah salat Id. (IDN Times/Prayugo Utomo)

Lapangan Awwalul Islam:

  • Jalan Tol Ir. Sutami KM 5, Parang Loe, Kecamatan Tamalanrea, Makassar
  • Khatib: Prof. H. Ambo Asse

Lapangan Pusat Dakwah Muhammadiyah Sulawesi Selatan:

  • Jalan Perintis Kemerdekaan Km. 10 No. 38 Makassar
  • Khatib: Prof. H. Abdul Qadir Gassing

Halaman Kampus Unismuh Makassar:

  • Jalan Sultan Alauddin No. 259 Gunung Sari, Kecamatan Rappocini, Makassar
  • Khatib: Prof. H. Musafir Pababbari

Lapangan Pesantren Darul Arqam Muhammadiyah Gombara Makassar:

  • Jalan Ir. Sutami Kelurahan Pai, Kecamatan Biringkanaya, Makassar
  • Khatib: Prof. KH. Mawardi Pewangi

Pelataran Masjid Al-Fatah Muhammadiyah Sambungjawa:

  • Jalan Tanjung Alang Nomor 4 Makassar
  • Khatib: DR. M. Nurdin Mappa

Masjid Ridha Muhammadiyah Karunrung:

  • Jalan Tamalate I, Makassar
  • Khatib: DR. KH. Muh. Alwi Uddin

2. Jemaah salat Id diminta perhatikan protokol kesehatan

Lokasi Salat Idul Fitri di Makasar, Jumat 21 April 2023Ilustrasi salat Idul Fitri. (ANTARA FOTO/Hendra Nurdiyansyah)

Kampus Universitas Muhammadiyah Makassar jadi salah satu lokasi penyelenggaraan salat Id pada Jumat, 21 April 2023. Ketua Pengurus Hari Besar Islam (PHBI) Unismuh Drs H Kamaruddin Moha mengatakan, sebelumnya telah digelar rapat panitia membahas hal-hal teknis pelaksanaan salat Idul Fitri. Di antaranya membahas pengaturan jemaah saat masuk kampus hingga sampai berada pada tempat yang sudah diatur.

Kamaruddin berharap panitia penanggungjawab lapangan memastikan pengaturan tempat parkir, tempat shaf, dan penyiapan sarana dan prasarana yang dibutuhkan selama pelaksanaan salat Idul fitri berjalan aman. Sedangkan panitia yang bertugas dibagian keamanan diminta siap siaga agar pelaksanaan salat Idulfitri di lapangan kampus Unismuh Makassar dapat berlangsung dengan tertib, lancar, aman, dan mendapatkan keberkahan dari Allah.

"Karena jamaah yang akan melaksanakan salat idul fitri diprakirakan akan membludak, mengimbau kepada seluruh umat muslim untuk tetap mematuhi protokol kesehatan yang telah ditetapkan untuk mencegah penyebaran COVID-19," kata Kamaruddin dikutip dari laman Unismuh.

3. MUI mengimbau masyarakat menghormati perbedaan

Lokasi Salat Idul Fitri di Makasar, Jumat 21 April 2023Logo Majelis Ulama Indonesia (MUI) (IDN Times/Mui.or.id)

Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) Abdullah Jaidi bersyukur awal Ramadan 1444 H bisa dilaksanakan serentak antara Muhammadiyah dan pemerintah. Namun dia memperkirakan terjadi perbedaan soal penetapan 1 Syawal 1444 H. Dia mengimbau masyarakat menghormati perbedaan yang ada.

"Tapi nanti mudah-mudahan perbedaan ini atau bisa dicari penyelesaiannya dengan baik. Bisa sama-sama atau ada perbedaan, jangan jadi perbedaan di antara kita. Sikap kita sebagai umat Islam kita sebagai warga bangsa tetap saling menghormati," kata Abdullah pada konferensi pers penetapan 1 Ramadan 1444 H di Kemenag, Rabu, 22 Maret 2023.

Baca Juga: 8 Masakan Khas Hari Raya Idulfitri dari Berbagai Negara, Semua Lezat!

Topik:

  • Aan Pranata

Berita Terkini Lainnya