Kronologi Pendaki Hilang di Gunung Bawakaraeng, Tim SAR Masih Mencari

Pencarian sudah memasuki hari ketiga

Makassar, IDN Times - Tim SAR gabungan mencari seorang pendaki yang hilang di Gunung Bawakaraeng, Kabupaten Gowa, Sulawesi Selatan. Pendaki asal kota Makassar bernama Galih Andika, 20, dilaporkan terpisah dari rombongannya saat turun dari puncak, pada Minggu (10/2) petang.

Humas Kantor SAR Makassar Ade Hamsidar mengatakan, Galih dan sejumlah rekannya mendaki dari desa Lembanna, Kecamatan Tinggimoncong, Gowa, sejak Jumat (8/2) pekan lalu. Namun petugas baru menerima laporan pada Senin (11/2), atau satu hari setelah Galih terpisah dari rombongannya.

“Ini sudah hari ketiga pencarian,” kata Hamsidar, Rabu (13/2).

1. Dua rekan Galih juga sempat dilaporkan hilang

Kronologi Pendaki Hilang di Gunung Bawakaraeng, Tim SAR Masih MencariIDN Times/Nofika Dian Nugroho

Hamsidar mengatakan, Kantor SAR Makassar awalnya menerima laporan soal tiga pendaki asal Makassar hilang di Gunung Bawakaraeng. Mereka diduga terpisah dari rombongannya dalam jalur pendakian. Tidak dijelaskan secara detil jumlah rombongan pendaki.

Pada Senin (11/2), dua di antaranya telah ditemukan selamat. Masing-masing bernama Saleh, 21, dan Wira, 20. Sedangkan Galih belum diketahui rimbanya.

Baca Juga: 6 Rekomendasi Gunung di Jawa untuk Pendaki Pemula, Boleh Dicoba Nih!

2. Rombongan masih lengkap saat di pos 6

Kronologi Pendaki Hilang di Gunung Bawakaraeng, Tim SAR Masih MencariIDN Times / Istimewa

Tim SAR memperkirakan Galih Andika hilang di antara pos 5 dan pos 6 jalur pendakian. Sebab menurut rekan-rekannya yang selamat, Galih bersama rombongan masih lengkap saat turun dari puncak. Mereka terakhir berkumpul di pos 6 setelah turun dari puncak.

Berdasarkan keterangan tersebut, tim SAR pun memfokuskan pencarian pada titik yang dimaksud. Personel juga disebar ke titik lain yang kemungkinan dilalui Galih.

“Pencarian di antara pos 5 dan 6, karena diperkirakan hilang di sana. Setelah di pos 5, Galih sudah tidak terlihat lagi,” kata Hamsidar.

3. Bukan kejadian pertama pada tahun 2019

Kronologi Pendaki Hilang di Gunung Bawakaraeng, Tim SAR Masih MencariIDN Times / Istimewa

Pendaki hilang di Gunung Bawakaraeng bukan sekali ini terjadi di tahun 2019. Dua pendaki dilaporkan tersesat dari jalur pendakian, usai melewatkan pergantian tahun di puncak gunung, di awal Januari lalu. Mereka dilaporkan hilang saat menempuh perjalanan turun menuju desa Lembanna. 

Tim SAR gabungan kemudian menemukan dua pendaki tersebut dalam keadaan selamat. Pendaki bernama Nur Isma Wahyuni, 18, dan Wahyudi Al Ihsan, 17, ditemukan di antara pos 5 dan pos 6. 

Baca Juga: Sepekan Dipasang, Lampu Tenaga Surja di Jalur Pendakian Ijen Hilang

Topik:

  • Dwi Agustiar

Berita Terkini Lainnya