Kloter 20 Tutup Gelombang I Pemulangan Jemaah Haji Debarkasi Makassar

Jemaah haji pada gelombang I dipulangkan dari Jeddah

Makassar, IDN Times - Jemaah haji kelompok terbang 20 Debarkasi Makassar tiba di Bandar Udara Sultan Hasanuddin Makassar, Rabu malam (19/7/2023). Kloter beranggotakan 391 orang tiba sekitar pukul 21.45 dengan pesawat Garuda Indonesia.

Kedatangan kloter 20 ini menandai berakhirnya fase pemulangan jemaah haji gelombang pertama dari bandara King Abdul Aziz Jeddah Arab Saudi.  ntuk selanjutnya pada gelombang kedua jemaah akan diberangkatkan dari bandara Internasional Pangeran Muhammad bin Abdul Aziz Madinah.

1. Jemaah disambut Pj. Gubernur Papua Barat

Kloter 20 Tutup Gelombang I Pemulangan Jemaah Haji Debarkasi MakassarJemaah haji Kloter 20 tiba di Asrama Haji Sudiang Makassar, Rabu malam (19/7/2023), menandai berakhirnya pemulangan gelombang I dari Jeddah, Arab Saudi. (Dok. Istimewa)

Kloter 20 berisi 332 orang asal Papua Barat. Sisanya, 33 dari Tana Toraja dan 21 dari Makassar, Sulawesi Selatan, plus lima petugas kloter. Saat tiba di Asrama Haji Makassar, mereka diterima oleh Pj. Gubernur Papua Barat Daya Mohammad Asa'ad dalam seremoni singkat.

Asa'ad mengucapkan selamat datang kepada para jemaah haji yang tiba dengan selamat dari Tanah Suci. "Rasa haru dan bahagia yang tiada tara, itulah kalimat yang bisa dilukiskan kepada orang yang barusan kembali ke tanah air sepulang dari menunaikan ibadah haji,” ucapnya.

Dia menyampaikan terima kasih kepada Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Embarkasi/Debarkasi Makassar yang telah melayani jemaah haji sejak berangkat hingga pulang kembali.

2. Jemaah haji diharapkan jadi teladan masyarakat

Kloter 20 Tutup Gelombang I Pemulangan Jemaah Haji Debarkasi MakassarIlustrasi jemaah haji. (ANTARA FOTO/Aloysius Jarot Nugroho)

Asa'ad mengatakan, para jemaah haji pasti merasakan kebahagiaan mendalam. Sebab mereka telah menyempurnakan keislamannya dengan menjalankan ibadah rukun Islam kelima.

Asa'ar berharap jemaah memperoleh haji mabrur, dan dapat meningkatkan keimanan dan ketakwaan. "Serta dapat berperan menjadi tauladan masyarakat yang semakin baik guna bersama-sama membangun provinsi papua barat daya lebih bermartabat,” sambungnya.

3. Separuh jemaah haji Debarkasi Makassar sudah pulang dari Saudi

Kloter 20 Tutup Gelombang I Pemulangan Jemaah Haji Debarkasi MakassarJemaah haji kloter pertama Embarkasi Makassar memasuki Asrama Haji Sudiang di Makassar, Sulawesi Selatan, Selasa (23/5/2023). Kloter I dijadwalkan terbang ke Arab Saudi, Rabu dini hari (24/5/2023). (Dok. Kemenag Sulsel)

Sebelumnya, Sekretaris PPIH Embarkasi/Debarkasi Makassar Ali Yafid ketika menyerahkan kloter 20 mengungkapkan rombongan tidak utuh kembali ke Tanah Air. Sebab satu anggota kloter asal Tana Toraja masih dirawat di Rumah Sakit King Abdul Aziz Jeddah.

Ali Yafid juga membeberkan data realisasi pemulangan jemaah haji debarkasi Makassar per tanggal 19 Juli 2023. Jemaah yang kita berangkatakan melalui embarkasi Makassar sebanyak 16.888 jemaah.

"Dan yang telah dipulangkan hingga penutup gelombang pertama ini sebanyak 7825 jemaah. Adapun jemaah embarkasi Makassar yang wafat sebanyak 42 orang,” ucapnya.

Topik:

  • Aan Pranata

Berita Terkini Lainnya