Kloter 1 Jemaah Haji Makassar Tiba dari Saudi, 18 Butuh Kursi Roda

Menandai pemulangan jemaah haji Debarkasi Makassar

Makassar, IDN Times - Kelompok terbang pertama jemaah haji Debarkasi Makassar tiba dari Arab Saudi, Minggu (23/6/2024). Kloter ini mengawali kedatangan gelombang pertama fase pemulangan jemaah haji Debarkasi Makassar.
 
Kloter 1 berangkat Bandara Pangeran Muhammad Bin Abdul Aziz Madinah, Sabtu (22/6/2024) waktu setempat. Pesawat Garuda Indonesia yang membawa mereka mendarat di Bandara Internasional Sultan Hasanuddin Makassar, Minggu pukul 16.41 Wita.

Kloter ini berisi 450 orang, terdiri dari jemaah haji asal Kota Makassar berjumlah 441 orang, delapan petugas kloter, dan satu orang tanazul eks kloter 6. Di antara jemaah terdpat 147 kategori lansia atau berusia 65 tahun ke atas, 18 di antaranya butuh bantuan kursi roda.

Anggota jemaah yang butuh bantuan kursi roda tersebut mendapat penanganan khusus dari petugas PPIH Bidang Lansia. Petugas sigap menjemput mereka sejak turun dari pesawat, kemudian dinaikkan ke bus hingga memasuki aula Arafah di Asrama Haji Sudiang untuk mendapatkan pelayanan lebih awal. 

Kedatangan Kloter 1 ini diterima Plh. Sekretaris Daerah Provinsi Sulawesi Selatan Andi Darmawan Bintang dalam prosesi penyambutan dan penerimaan di Aula Arafah Asrama Haji Sudiang Makassar. Ketua PPIH Embarkasi–Debarkasi Makassar, M. Tonang dalam laporannya mengungkapkan kesyukurannya karena kloter 01 Debarkasi Makassar ini kembali ke tanah air dalam keadaan utuh.

Kakanwil Kemenag Sulsel ini menekankan bahwa seluruh rangkaian proses penerimaan jemaah haji tidak boleh lebih dari dua stengah jam. “Sejak turun dari pesawat hingga tiba di aula Aula untuk mengikuti seluruh tahapan penerimaan,” katanya.

Debarkasi Makassar menjadi pintu pemulangan jemaah haji asal delapan provinsi. Selain Sulawesi Selatan, jemaah berasal dari Sulawesi Tenggara, Sulawesi Barat, Gorontalo, Maluku, Maluku Utara, Papua, dan Papua Barat.

Sebelumnya Embarkasi Makassar telah memberangkatkan jemaah haji berjumlah 16.644. Pemberangkatan terdiri dari 37 kloter.

Baca Juga: Arab Saudi: 1.301 Jemaah Haji Meninggal Tahun Ini

Topik:

  • Aan Pranata

Berita Terkini Lainnya