Kapal Terbalik di Perairan Selayar, 24 Penumpang Dicari

Kapal berpenumpang 37 orang terbalik saat cuaca buruk

Makassar, IDN Times - Basarnas mengerahkan tim mencari penumpang hilang pada peristiwa kapal terbalik di perairan Kepulauan Selayar, Sulawesi Selatan. Kapal penangkap ikan Dewi Jaya 2 rute Muara Baru Jakarta-Lombok dilaporkan terbalik pada Sabtu dini hari (9/3/2024).

Menurut laporan yang diterima Kantor Basarnas Makassar, kapal itu terbalik di tengah cuaca buruk, sekitar 52 mil laut dari Pelabuhan Benteng, Kabupaten Kepulauan Selayar. Kapal memuat 37 orang dan mengangkut muatan ikan.

Mexianus Bekabel, Kepala Kantor Basarnas Makassar mengatakan, pihaknya mengerahkan perahu apung kaku untuk mencari korban hilang. Pencarian dimulai Rabu pagi (13/3/2024), difokuskan di area sekitar lokasi kapal terbalik.

"Tim rescue dari Pos Sar Selayar telah berkoordinasi dengan aparat setempat dan membentuk posko gabungan untuk percepatan informasi," kata Mexianus.

Dia menyebut, pada Senin (11/3/2024), sekitar pukul enam pagi, dua orang penumpang kapal ditemukan terdampar di Pulau Jempea, Kabupaten Kepulauan Selayar. Satu selamat dan satu meninggal dunia.

Pada hari yang sama, sekitar pukul sembilan pagi, sembilan orang ditemukan selamat dan satu meninggal di Pulau Kayuadi, Selayar. Lalu pada Selasa (12/3/2024) pukul 16.40 Wita ditemukan lagi satu orang dalam keadaan selamat di Rajuni, Selayar.

"Hingga saat ini dari 37 orang, telah ditemukan 11 orang selamat, dua orang meninggal dan 24 orang masih dalam pencarian oleh tim SAR gabungan," kata Mexianus.

Berikut data korban selamat:

1. Dian kurniawan, alamat Magelang
2. Amirrulhak, alamat Jawa Tengah
3. M .Zaki Muntaha, alamat Pekalongan Jawa Tengah
4. Waryen, alamat Pekalongan Jawa Tengah
5. Tahmid , alamat Pekalongan
6. Amiluddin, alamat Pekalongan
7. Adi bagus Panuntun, alamat Pekalongan
8. Septo Guntoro, alamat Pekalongan
9.Maulana dwi anggoro, alamat Pekalongan Jawa Tengah
10. Sun Hen 
11. Muzakki

Sementara yang meninggal dunia belum diketahui identitasnya.

Topik:

  • Aan Pranata

Berita Terkini Lainnya