Kabar Mahasiswa yang Ditabrak Mobil Polisi Meninggal Itu Hoaks!  

Informasi itu beredar di media sosial, Rabu (2/10)

Makassar, IDN Times - Kabar beredar bahwa Dicky Wahyudi, korban terlindas mobil taktis Polisi pada rangkaian unjuk rasa di Makassar pekan lalu, meninggal dunia. Mahasiswa Universitas Bosowa itu memang sempat dirawat di rumah sakit sejak Jumat (28/9).

Informasi soal Dicky yang disebut meninggal, beredar di media sosial, Rabu (2/10). Salah satunya disampaikan akun Facebook Ippang Idrus. "Innalilahi wainnailaihi Telah Berpulang ke Rahmatullah Adinda kita Dicky Mahasiswa yg tertabrak mobil polisi," dia menulis pada pembaruan status.

Setelah dicek ulang, unggahan tersebut sudah tidak tersedia. Lalu, bagaimana kebenaran informasi soal Dicky yang disebut meninggal? 

Baca Juga: Kondisi Mahasiswa yang Dilindas Mobil Barakuda Membaik

1. Pihak rumah sakit pastikan kabar Dicky meninggal itu hoaks

Kabar Mahasiswa yang Ditabrak Mobil Polisi Meninggal Itu Hoaks!  Dok. IDN Times/Istimewa

Kepala Rumah Sakit Bhayangkara Makassar Kombes Farid Amansyah membantah kabar Dicky meninggal. Dicky sejak Senin (30/9) dirawat di ruang ICU RS Bhayangkara, setelah dirujuk dari RS Ibnu Sina. Saat ini kondisi Dicky disebut sudah membaik dan dalam waktu dekat bakal dipindahkan ke ruang perawatan.

"Alhamdulillah sedang dalam masa pemulihan. Mungkin beberapa hari lagi sudah bisa dipindahkan ke ruang perawatan," kata Farid saat dihubungi Rabu (2/10).

2. Kondisi Dicky membaik setelah dioperasi

Kabar Mahasiswa yang Ditabrak Mobil Polisi Meninggal Itu Hoaks!  IDN Times/Aan Pranata

Dicky dilindas mobil taktis Polda Sulsel yang membubarkan massa, di Jalan Urip Sumoharjo Makassar, Jumat (27/9) pekan lalu. Dia kemudian dirawat di Rumah Sakit Ibnu Sina dan menjalani operasi satu hari kemudian.

Ketua Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Fakultas Hukum Unibos Ewaldo Aziz mengatakan, Dicky dipindahkan ke RS Bhayangkara atas permintaan Kapolda Irjen Mas Guntur Laupe. Seluruh biaya perawatan akan ditanggung Kapolda.

Ewaldo mengatakan, kondisi Dicky saat ini cenderung membaik. Sebelumnya, dia dioperasi karena mengalami sejumlah luka di wajah, dada, dan lainnya. Meski sudah membaik, Dicky masih mengeluh sakit.

"Kondisi terakhir itu alhamdulillah agak baikan, sudah bisa komunikasi. Tapi masih sakit bagian dadanya," Ewaldo menerangkan.

3. Pengemudi mobil taktis terancam sanksi

Kabar Mahasiswa yang Ditabrak Mobil Polisi Meninggal Itu Hoaks!  Ilustrasi (IDN Times/Hendy Wardhana)

Kapolda Sulsel Irjen Mas Guntur Laupe, sebelumnya menyatakan, terlindasnya Dicky sebagai kecelakaan. Dia menyebut kejadian itu di luar kesengajaan. Sebab saat kejadian, pengendara mobil barakuda tengah berupaya menekan massa agar mundur.

Meski tak sengaja, Kapolda menyatakan pengemudi mobil bakal tetap terancam sanksi. Dia menyinggung Pasal 360 KUHP tentang kelalaian yang menyebabkan orang lain luka berat.

"Yang bersangkutan tetap akan kena sanksi berdasarkan Pasal 360 KUHP. Sudah diperiksa Propam dan segera disidang," kata Kapolda.

Baca Juga: Viral Mobil Polisi Lindas Pendemo di Makassar, Ini Kata Kapolda

Topik:

  • Ita Lismawati F Malau

Berita Terkini Lainnya