Jokowi Resmikan Gedung Kesehatan Ibu dan Anak RSWS Senilai Rp456 M

Pemerintah ingin menekan angka kematian ibu dan anak

Makassar, IDN Times – Presiden Joko Widodo meresmikan gedung Pelayanan Kesehatan Ibu dan Anak di Rumah Sakit Wahidin Sudirohusodo (RSWS) di Makassar, Sulawesi Selatan, Jumat (6/9/2024). Gedung ini dibangun sejak tahun 2022 dengan anggaran Pembangunan infrastruktur Rp456 miliar.

Pembangunan Gedung Pelayanan Kesehatan Ibu dan Anak (KIA) RSWS merupakan bagian dari proyek Penguatan Rumah Sakit Rujukan Nasional dan Unit Teknis Vertikal. Dengan dukungan dari Islamic Development Bank (IsDB), proyek bertujuan meningkatkan ketersediaan, aksesibilitas, dan kualitas pelayanan kesehatan ibu dan anak.

Didampingi  Ibu Negara Iriana, Jokowi memuji desain dan penataan gedung yang modern bak hotel bintang lima.

“Suasananya, penataan interior dan mebelnya, seperti masuk ke sebuah hotel. Juga terang benderang, tidak (seperti) yang saya sering lihat di RSUD, agak gelap remang-remang,” kata Jokowi.

Pada peresmian itu, Presiden didampingi, antara lain, Menteri Kesehatan (Menkes) Budi Gunadi Sadikin, Pj. Gubernur Sulawesi Selatan Zudan Arif Fakrulloh, Direktur Utama PT Adhi Karya Entus Asnawi Mukhson, dan Direktur Utama Rumah Sakit Wahidin Sudirohusodo Syafri Kamsul Arif.

Baca Juga: Jokowi Resmikan RS OJK di Makassar, Telan Anggaran Rp2 Triliun

1. Tersedia 263 tempat tidur ruang rawat inap dan intensive care

Jokowi Resmikan Gedung Kesehatan Ibu dan Anak RSWS Senilai Rp456 MPresiden Joko Widodo meresmikan Gedung Pelayanan Kesehatan Ibu dan Anak di Rumah Sakit Wahidin Sudirohusodo Makassar, Jumat (6/9/2024). (YouTube/Sekretariat Presiden)

Jokowi mengungkapkan, Gedung Pelayanan Kesehatan Ibu dan Anak RSWS terdiri dari delapan lantai dan satu semi basement. Gedung dilengkapi ruang rawat inap dan intensive care sebanyak 263 tempat tidur.

Di luar anggaran pembangunan infrastruktur, gedung ini dilengkapi peralatan kesehatan canggih, modern, dan digital, dengan nilai total Rp239 miliar. “Jumlah yang tidak sedikit, plus untuk pengembangan SDM ditambah lagi Rp17 miliar,” ucap Presiden.

2. Diharapkan bisa menekan bahkan menghilangkan angka kematian ibu dan anak

Jokowi Resmikan Gedung Kesehatan Ibu dan Anak RSWS Senilai Rp456 MPresiden Joko Widodo meresmikan Gedung Pelayanan Kesehatan Ibu dan Anak di Rumah Sakit Wahidin Sudirohusodo Makassar, Jumat (6/9/2024). (Dok. Istimewa)

Menurut data Kementerian Kesehatan, angka kematian Ibu di Indonesia (AKI) adalah 189 per 100.000 kelahiran pada tahun 2024. Di antara negara ASEAN, Indonesia menempati peringkat ke 9 dari 10, dengan AKI lebih tinggi dari Timor Leste, Kamboja dan Laos.

Angka kematian bayi adalah 16,9 per 1000 kelahiran hidup. Indonesia menempati peringkat ke 7 dari 10 negara ASEAN, dengan AKB lebih tinggi dari Kamboja, Laos dan Vietnam.

Presiden berharap hadirnya sarana dan fasilitas seperti di RSWS bisa memperbaiki kualitas pelayanan kesehatan ibu dan anak. “Sehingga kematian ibu dan anak bisa kita tekan, kita kurangi, dan kita hilangkan pada masa yang akan datang,” ucapnya.

3. Jadi pusat rujukan untuk wilayah Indonesia Timur

Jokowi Resmikan Gedung Kesehatan Ibu dan Anak RSWS Senilai Rp456 MDirektur Utama Rumah Sakit Wahidin Sudirohusodo Makassar Syafri Kamsul Arif. (IDN Times/Aan Pranata)

Gedung Kesehatan Ibu dan Anak dilengkapi dengan alat-alat canggih penunjang pelayanan. Selain itu terdapat sekitar 35 tenaga ahli dokter anak dan obgyn.

Direktur Utama RSWS Syafri Kamsul Arif mengatakan, salah satu keunggulan dari sarana baru ini adalah kapasitas untuk perawatan intensif lebih besar. Dari 263 tempat tidur, seratusan di antaranya untuk penanganan rawat intensif.

“Salah satu masalah tingginya angka kematian ibu dan bayi adalah kita kesulitan ruang perawatan intensif. Kita dedikasikan ini utuk mengurangi angka kematian ibu dan anak,” kata Syafri.

Dia memastikan semua pasien akan mendapat pelayanan setara di RSWS, termasuk pengguna BPJS Kesehatan.

“Semua strata kita layani. Paling banyak rujukan kami wilayah timur, seperti Papua, Ambon, Ternate. Indonesia Timur pada umumnya,” dia menambahkan.

Baca Juga: Jokowi Bangga Timnas Indonesia Mampu Imbangi Arab Saudi

Topik:

  • Aan Pranata

Berita Terkini Lainnya