Jelang Lebaran, PLN Berangkat Seribu Pemudik Gratis dari Makassar

Pemudik diberangkatkan dengan kapal laut dan bus

Makassar, IDN Times - PLN Unit Induk Distribusi Sulawesi Selatan, Sulawesi Tenggara dan Sulawesi Barat (UID Sulselrabar), Jumat (5/4/2024), memberangkatkan seribu pemudik dari Makassar jelang hari raya Idul Fitri 1445 Hijriah. PLN memberikan program mudik gratis bersama Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) dengan tajuk "Mudik Asyik bersama BUMN 2024".

Pemudik diberangkatkan dari Makassar ke lima rute berbeda. Ada tiga tujuan dengan bus, yaitu Malili, Palopo, dan Mamuju, serta menggunakan kapal laut untuk tujuan Surabaya dan Baubau.

General Manager PLN UID Sulselrabar, M. Andy Adchaminoerdin menyatakan, pihaknya bersyukur bisa berkontribusi untuk membantu masyarakat yang ingin mudik dan berkumpul bersama keluarga di kampung halaman. "Kami memahami bahwa momen mudik adalah momen yang sangat dinanti-nantikan oleh masyarakat," ujar Andy dalam keterangan persnya, Sabtu (6/4/2024).

Program Mudik Asyik Bersama BUMN 2024 ini merupakan bentuk implementasi bakti BUMN yang dilaksanakan sebagai bentuk Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL) BUMN agar perayaan mudik aman, nyaman, lancar dan zero accident. Selain itu juga ramah lingkungan karena dapat mengurangi emisi karena menggunakan moda transportasi massal dibandingkan menggunakan kendaraan pribadi.

Andy mencatat program Mudik Asyik Bersama BUMN yang dilaksanakan oleh PLN UID Sulselrabar merupakan program rutin tahunan yang dimulai sejak tahun 2019. Di tahun 2019, PLN UID Sulselrabar memberangkatkan 100 pemudik menggunakan moda transportasi kapal laut. Selanjutnya, di tahun 2023 diberangkatkan 500 pemudik dengan moda transportasi darat dan kapal laut. Lalu di momen mudik Idul Fitri tahun 2024 PLN memberangkatkan peserta pemudik yang meningkat 2 kali lipat atau naik 100 persen dari tahun lalu.

"Alhamdulillah, minat masyarakat sangat tinggi untuk dapat mengikuti program tahunan PLN bersama Kementerian BUMN ini. Semoga perjalanan bisa berjalan lancar sehingga seluruh peserta dapat segera berkumpul dengan keluarga di kampung halaman," ujar Andy.

Andy juga menegaskan PLN akan terus bersiaga menjelang sampai dengan hari raya Idul Fitri 1445 H, PLN UID Sulselrabar menyiagakan 2.150 personel yang tersebar dalam 71 posko. "Petugas kami siaga 24 jam, kami menghimbau apabila terjadi gangguan masyarakat tidak perlu khawatir cukup melapor di aplikasi PLN Mobile agar cepat ditindaklanjuti," kata Andy.

Mahasiswa asal Kabupaten Malili, Fadli Nugraha mengapresiasi program mudik gratis PLN. Dia merasa sangat terbantu, sebab di tahun-tahun sebelumnya ia terkendala untuk pulang kampung karena kesulitan dalam mendapat tiket bus dan harga tiket yang melonjak naik.

"Tahun ini saya senang sekali karena BUMN bersama PLN mengadakan mudik gratis. Dengan program ini saya sangat terbantu untuk mudik dan bertemu dengan keluarga," kata Fadli.

Baca Juga: PLN Sulselrabar Jamin Pasokan Listrik saat Ramadan dan Idul Fitri

Topik:

  • Aan Pranata

Berita Terkini Lainnya