Jadwal Pemadaman Listrik di Makassar dan Sekitarnya Hari Ini

Manajemen beban listrik dampak kemarau panjang

Makassar, IDN Times - PLN masih akan memadamkan listrik bagi sebagian pelanggan di wilayah Sulawesi Selatan, Sulawesi Tenggara, dan Sulawesi Barat. Hari ini, Senin (2/10/2023), pemadaman bergilir akan terjadi di sejumlah wilayah Kota Makassar dan sekitarnya.

Informasi pemadaman listrik disampaikan melalui akun resmi PLN Sulselrabar. Disebutkan bahwa pemadaman merupakan dampak kemarau berkepanjangan yang mengakibatkan debit air berkurang di beberapa PLTA dan PLTMH Sulawesi Bagian Selatan (Sulbagsel).

"Serta pemeliharaan infrastruktur kelistrikan terjadwal di sistem kelistrikan Sulbagsel, maka perlu dilaksanakan manajemen beban listrik pada beberapa lokasi," bunyi pengumuman di akun @pln_sulselrabar yang dikutip, Senin.

Baca Juga: PLN Sulselrabar Bikin Hujan Buatan untuk Jaga Pasokan Listrik

1. Lokasi pemadaman listrik di Makassar dan sekitarnya, Senin (2/10/2023)

Jadwal Pemadaman Listrik di Makassar dan Sekitarnya Hari IniIlustrasi PLN Mobile (dok. PLN)

Berikut ini informasi pemadaman listrik PLN di wilayah Makassar dan sekitarnya, Senin (2/10/2023). Untuk informasi lebih lanjut terkait lokasi manajemen beban alias pemadaman listrik dapat dilihat di media sosial resmi PLN. Antara lain di Instagram @pln123_official dan Instagram PLN Unit Pelaksana Pelayanan Pelanggan (UP3) masing-masing daerah. Pelanggan juga dapat memperoleh informasi melalui aplikasi PLN Mobile.

Jadwal Pemadaman Listrik di Makassar dan Sekitarnya Hari IniInformasi pemadaman listrik PLN. (Instagram/pln_sulselrabar)
Jadwal Pemadaman Listrik di Makassar dan Sekitarnya Hari IniInformasi pemadaman listrik PLN. (Instagram/pln_sulselrabar)
Jadwal Pemadaman Listrik di Makassar dan Sekitarnya Hari IniInformasi pemadaman listrik PLN. (Instagram/pln_sulselrabar)
Jadwal Pemadaman Listrik di Makassar dan Sekitarnya Hari IniInformasi pemadaman listrik PLN. (Instagram/pln_sulselrabar)

2. Kemarau panjang berdampak pada sistem kelistrikan

Jadwal Pemadaman Listrik di Makassar dan Sekitarnya Hari Inipotret PLTA UIP Sulawesi di Poso (instagram.com/pln_id)

Mengutip Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG), di puncak kemarau akan terjadi di akhir September 2023. Karena pengaruh el nino, kemarau akan lebih kering dari normalnya dan juga lebih kering dari tiga tahun sebelumnya di beberapa daerah termasuk Sulawesi.

Kondisi itu diperkirakan akan berdampak terhadap sistem kelistrikan, terutama di Sulawesi Bagian Selatan. Sebab di daerah ini komposisi pembangkit listrik berbasis energi baru terbarukan (EBT), termasuk PLTA, cukup besar.

"Dampak kemarau yang cukup panjang diprediksi akan berimplikasi pada pola pengoperasian pasokan listrik di sistem kelistrikan Sulbagsel pada akhir September 2023," ungkap General Manager PLN UID Sulselrabar M. Andy Adchaminoerdin.

3. PLN upayakan modifikasi cuaca lewat hujan buatan

Jadwal Pemadaman Listrik di Makassar dan Sekitarnya Hari IniGeneral Manager PT PLN UID Sulselrabar Moch. Andy Adchaminoerdin. (Dok. PLN UID Sulselrabar)

PLN Unit Induk Distribusi Sulawesi Selatan, Sulawesi Tenggara, dan Sulawesi Barat (UID Sulserabar) mengupayakan modifikasi cuaca untuk menghasilkan hujan buatan. Langkah itu ditempuh karena debit air penyuplai sejumlah pembangkit listrik berkurang di musim kemarau.

General Manager PLN UID Sulselrabar M. Andy Adchaminoerdin menjelaskan, modifikasi cuaca merupakan langkah mitigasi kemarau panjang. Saat ini debit air berkurang di beberapa Pembangkit Listrik Tenaga Air (PLTA) dan Pembangkit Listrik Tenaga Mini Hidro (PLTMH).

"Kami berkomitmen akan terus berupaya untuk menghadirkan pasokan listrik yang prima kepada pelanggan salah satunya dengan pemeliharaan infrastruktur terjadwal dan penetrasi modifikasi cuaca untuk meningkatkan debit air di beberapa pembangkit energi bersih" ungkap Andy dalam keterangannya, Rabu (20/9/2023).

Baca Juga: Kunjungi PLTU Punagaya, Dewan Energi Nasional Cek Pasokan Listrik

Topik:

  • Aan Pranata

Berita Terkini Lainnya