Jadwal Imsakiyah Puasa Ramadan Tahun 2024 Makassar dari Muhammadiyah

1 Ramadan 1445 H jatuh pada Senin, 11 Maret 2024

Makassar, IDN Times - Berikut ini jadwal imsakiyah Ramadan 1445 Hijriah tahun 2024 untuk Wilayah Kota Makassar dari organisasi kemasyarakatan Islam, Muhammadiyah. Jadwal ini bisa jadi panduanmu untuk waktu berpuasa, berbuka, dan salat. 

Pemerintah melalui Kementerian Agama baru akan menggelar sidang isbat pada 10 Maret 2024, untuk menentukan awal bulan Ramadan 1445 Hijriah. Keputusan penentuan awal Ramadan berdasarkan hasil pengamatan hilal di berbagai wilayah di Indonesia.

Meski pemerintah belum memastikan kapan awal bulan Ramadan tahun ini, sudah ada organisasi kemasyarakatan Islam yang sudah lebih dulu menetapkannya. Salah satunya Muhammadiyah.

Pimpinan Pusat (PP) Muhammadiyah telah menetapkan awal Ramadan dan Hari Raya Idul Fitri 1445 H sebagaimana disampaikan melalui laman resmi PWMU. Berdasarkan hasil hisab hakiki wujudul hilal sebagai pedoman penetapan oleh PP Muhammadiyah, 1 Ramadan 1445 Hijriyah jatuh pada hari Senin, 11 Maret 2024. 

Penetapan awal Ramadan oleh PP Muhammadiyah didasari oleh metode hisab hakiki dengan kriteria wujudul-hilal. Hisab hakiki merupakan metode hisab yang berpatokan pada gerak benda langit khususnya matahari dan bulan sebenarnya.

Sementara itu, wujudul-hilal menjadi istilah untuk menggambarkan momen ketika matahari terbenam namun bulan belum terbenam. Pada momen ini, bulan terbenam terlambat dibanding terbenamnya matahari, berapa pun selisih waktunya. Secara geometrik, matahari telah terbenam sementara posisi bulan masih di atas ufuk, berapapun tingginya.

Metode hisab hakiki wujudul-hilal memiliki tiga kriteria yang harus terpenuhi secara kumulatif, yakni sudah terjadi ijtimak atau konjungsi antara bulan dan matahari. Kemudian ijtimak terjadi sebelum terbenamnya matahari dan ketika matahari terbenam, bulan belum terbenam atau masih berada di atas ufuk.

Jika ketiga indikator tersebut telah terpenuhi, maka dapat dikatakan 'hilal telah wujud'. Apabila hilal telah dapat dilihat, dapat dikatakan bahwa sejak matahari terbenam telah dimulai bulan baru.

Setelah menentukan awal Ramadan, Muhammadiyah menyediakan jadwal imsakiyah untuk berbagai wilayah di Indonesia. Berikut ini jadwal imsakiyah Ramadan untuk wilayah Kota Makassar dan sekitarnya:

Jadwal Imsakiyah Puasa Ramadan Tahun 2024 Makassar dari MuhammadiyahJadwal imsakiyah Ramadan 1445 H untuk wilayah Kota Makassar dari Muhammadiyah. (Dok. Muhammadiyah)

Topik:

  • Aan Pranata

Berita Terkini Lainnya