Jadi Mentan, Amran Sulaiman Sempat Bersaing dengan SYL di IKA Unhas

Amran melanjutkan pekerjaan Syahrul sebagai Mentan

Makassar, IDN Times - Presiden Joko Widodo melantik Andi Amran Sulaiman sebagai Menteri Pertanian, di Istana Negara, Rabu pagi (25/10/2023). Berdasarkan Keputusan Presiden (Kepres) Nomor 101/P Tahun 2023, Amran akan menjabat hingga sisa masa jabatan Periode 2019-2024.

"Demi Allah saya bersumpah, bahwa saya akan setia kepada UUD Negara Republik Indonesia Tahun 1945 serta akan menjalankan segala peraturan perundang-undangan dengan selurus-lurusnya demi dharma bakti kepada bangsa dan negara. Bahwa saya dalam menjalankan tugas jabatan akan menjunjung tinggi etika jabatan, bekerja dengan sebaik-baiknya dengan penuh rasa tanggung jawab," ujar Amran saat mengucapkan sumpah jabatan di depan Presiden.

Amran bukan orang baru di pemerintahan Jokowi. Sebelumnya dia juga menjabat Menteri Pertanian pada era Jokowi-Jusuf Kalla periode 2014-2019. Kali ini Amran menjabat Mentan menggantikan Syahrul Yasin Limpo (SYL). Keduanya sama-sama berasal dari Sulawesi Selatan.

Andi Amran Sulaiman dikenal sebagai pendiri Tiran Group, sebuah perusahaan yang bergerak di bidang pertanian, perkebunan, dan perikanan. Pendidikannya juga berlatar belakang pertanian, dengan menamatkan sarjana hingga doktor di Universitas Hasanuddin Makassar.

Saat ini Amran juga aktif sebagai Ketua Ikatan Keluarga Alumni (IKA) Universitas Hasanuddin. Dia terpilih melalui Musyawarah Besar IKA Unhas pada Maret 2022, untuk melanjutkan tongkat estafet HM Jusuf Kalla yang menempati jabatan ketua selama 25 tahun.

Pada Mubes IKA Unhas, Amran Sulaiman sempat bersaing dengan Syahrul Yasin Limpo dalam daftar calon ketua. Saat itu ada satu calon lain, yaitu Haedar A. Karim (Ketua Ikatan Alumni Teknik Unhas). Belakangan, hanya Amran dan Haedar yang maju hingga ke pemungutan suara. Syahrul tidak kunjung hadir di lokasi sehingga pencalonannya dicabut.

SYL baru hadir setelah proses pemungutan suara rampung untuk mengikuti acara penutupan dan ramah tamah Mubes IKA Unhas 2022. Saat itu SYL hadir bersama Jusuf Kalla.

Baca Juga: Sah! Jokowi Kembali Lantik Amran Sulaiman Jadi Menteri Pertanian

Baca Juga: Profil Amran Sulaiman, 2 Kali Menjabat Mentan di Era Jokowi

Topik:

  • Aan Pranata

Berita Terkini Lainnya