Isu Surat Suara di Makassar Sudah Tercoblos, Bawaslu: Itu Hoaks

Logistik sempat ditarik karena kotak suara belum dirakit

Makassar, IDN Timessi  - Jelang pemungutan suara Pemilu 2024, beredar isu surat suara di Kota Makassar sudah tercoblos. Menurut informasi yang beredar, surat suara pemilihan presiden dan calon wakil presiden sudah tercoblos pada tanda gambar salah satu pasangan calon.

Informasi yang beredar di grup-grup percakapan WhatsApp, Senin (12/2/2024), memuat narasi bahwa yang tendrcoblos merupakan surat suara untuk wilayah Kepulauan Sangkarrang. Dalam pesan berantai, disebutkan bahwa kondisi itu antara lain terjadi di Pulau Kodingareng, Barranglompo, dan Barrangcaddi.

Baca Juga: KPU Makassar Tarik Logistik Pemilu dari Kepulauan Sangkarrang

1. Bawaslu pastikan semua surat suara masih tersegel

Isu Surat Suara di Makassar Sudah Tercoblos, Bawaslu: Itu HoaksKoordinator Divisi dan Data Informasi Bawaslu Sulsel, Alamsyah. IDN Times/Dahrul Amri Lobubun

Anggota Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Sulawesi Selatan Alamsyah menyatakan telah mengetahui soal informasi yang beredar. Dari koordinasi dengan Bawaslu Makassar, dia menyatakan informasi itu tidak benar.

"Hoaks info itu karena sampai sekarang Panwascam selalu standby sampai malam ini dan dipastikan (surat suara) masih dalam keadaan tersegel," katanya.

2. Logistik sempat ditarik karena belum dirakit

Isu Surat Suara di Makassar Sudah Tercoblos, Bawaslu: Itu HoaksPekerja menata logistik Pemilu 2024 di atas kapal untuk didistribusikan ke sejumlah pulau di Pelabuhan Paotere, Makassar, Sulawesi Selatan, Minggu (11/2/2024). (ANTARA FOTO/Arnas Padda)

Pesan yang beredar juga menyebut surat suara untuk kepulauan di Makassar ditarik kembali karena telah tercoblos. Alamsyah membenarkan soal penarikan itu, tapi bukan karena surat suara tercoblos, melainkan karena kotak suara belum dirakit saat dikirim.

"Logistik berupa kotak suara ditarik kembali ke Makassar karena harus dalam bentuk rakitan kotak baru di kirim ke pulau," ucapnya.

3. Logistik Pemilu disebar ke 14 kecamatan se-Makassar

Isu Surat Suara di Makassar Sudah Tercoblos, Bawaslu: Itu HoaksLogistik Pemilu 2024 di gudang KPU Makassar, Senin (8/1/2024). (IDN Times/Ashrawi Muin)

Sebelumnya, KPU Makassar mengagendakan distribusi logistik Pemilu sejak Senin. Logistik diangkut dari gudang KPU Makassar menuju 14 kecamatan.

"Saat ini sedang proses distribusi logistik ke 14 kecamatan. Besok baru dari kecamatan ke kelurahan," kata anggota KPU Makassar Abdi Goncing, Senin.

Baca Juga: Pemilu 2024, KPU Makassar Siapkan 6 TPS Khusus di Lapas-Rutan

Topik:

  • Aan Pranata

Berita Terkini Lainnya