HUT RI, Komunitas Perenang Bentangkan Bendera di Laut Makassar

Bendera diarak sejauh 1,8 km di atas air

Makassar, IDN Times - Seratusan perenang yang tergabung dalam Makassar Sport Water Community, Sabtu (12/8/2023) membentangkan bendera merah-putih di perairan Pulau Gusung Makassar untuk memeriahkan perayaan Hari Kemerdekaan ke-78 Republik Indonesia.

Pembentangan bendera sepanjang 78 meter di atas air sesuai usia kemerdekaan RI. Prosesi pembentangan bendera melibatkan berbagai komunitas lain serta personel Basarnas, Polair, Pelindo, dan lainnya.

"Kegiatan ini sebagai bentuk kecintaan kita kepada tanah air serta mempersatukan dalam artian Bhineka Tunggal Ika. Jadi, dari komunitas kami ini terdiri dari berbagai etnis, suku dan agama," kata inisiator pelaksana kegiatan, Pelda (Purnawirawan) Sudirman, Sabtu.

Baca Juga: HUT Kemerdekaan! Beli BBM Pakai MyPertamina Dapat Cashback 45 Persen

1. Upaya menumbuhkan nasionalisme

HUT RI, Komunitas Perenang Bentangkan Bendera di Laut MakassarFoto udara sejumlah perenang membentangkan dan mengarak Bendera Merah Putih di perairan Makassar, Sulawesi Selatan, Sabtu (12/8/2023). (ANTARA FOTO/Arnas Padda)

Sudirman menjelaskan, kegiatan pembentangan bendera bertujuan menumbuhkan nasionalisme. Kegiatan sengaja digelar jelang HUT proklamasi kemerdekaan yang dirayakan setiap 17 Agustus.

Pada pelaksanaannya, bendera ditarik dan diarak oleh seratusan perenang dari berbagai komunitas mulai dari Dermaga Kayu Bangkoa. Bendera kemudian dibawa ke Pulau Gusung dengan jarak sekitar 1,8 kilometer.

"Jaraknya ini kalau lurus saja sekitar 1,8 kilometer, kalau berkelok-kelok itu kurang lebih dua kilometer. Kita libatkan pula mayoritas dari Komunitas Makassar Water Sport Community, dengan pesertanya dari usia 74 tahun hingga usia enam tahun," kata Sudirman.

2. Pembentangan bendera melibatkan berbagai unsur

HUT RI, Komunitas Perenang Bentangkan Bendera di Laut MakassarFoto udara sejumlah perenang membentangkan dan mengarak Bendera Merah Putih di perairan Makassar, Sulawesi Selatan, Sabtu (12/8/2023). (ANTARA FOTO/Arnas Padda)

Beberapa komunitas atau club renang yang dilibatkan, kata Sudirman, antara lain Paotere, Garuda Laut, Anging Mammiru, Athira Swimming. Di antara peserta bahkan ada warga negara asing bernama Andrewm yang diketahui mantan anggota Marinir Amerika Serikat.

Menanggapi kegiatan tersebut Kepala Kantor Basarnas Makassar Mexianus Bekabel menyatakan bangga personilnya turut dilibatkan dalam kegiatan tersebut.

"Pembentangan bendera merah putih sepanjang 78 meter ini juga melibatkan anggota Basarnas. Kami bangga telah ikut ambil bagian dalam kegiatan tersebut," ujarnya

3. Penyemarak momen HUT ke-78 RI

HUT RI, Komunitas Perenang Bentangkan Bendera di Laut MakassarPembentangan bendera merah-putih sepanjang 78 meter di perairan Makassar, Sabtu (12/8/2023). (Dok. Istimewa)

Kegiatan pembentangan bendera di laut digelar jelang 17 Agustus 2023. Setiap tahun, jelang momentum perayaan HUT Kemerdekaan, ada berbagai kegiatan yang digelar sebagai penyemarak.

Mexianus Bekabel menambahkan Basarnas bangga karena terlibat sebagai tim satuan petugas pengamanan dalam perayaan kemerdekaan ini. Menurutnya, aksi tersebut sebagai salah satu cara dalam menghargai jasa-jasa pahlawan yang telah berjuang dalam meraih kemerdekaan Republik Indonesia.

Baca Juga: 5 Tradisi Melekat Peringatan Hari Kemerdekaan, Sudah Tahu?

Topik:

  • Aan Pranata

Berita Terkini Lainnya