Harta Kekayaan Bakal Calon Wali Kota Makassar, Siapa Paling Tajir?

Menurut LKHPN yang diakses dari laman KPK

Makassar, IDN Times - Pemilihan Wali Kota Makassar 2024 diikuti empat pasang bakal calon. KPU akan menetapkan pasangan calon pada 22 September 2024, setelah meneliti berkas dari setiap bakal calon.

Dari empat pasang bakal calon, tiga di antaranya diusung oleh gabungan partai politik. Satu lainnya diusung satu parpol.

Para bakal calon, sesuai urutan pendaftaran di KPU Makassar, masing-masing: Andi Seto Gadhista Asapa-Rezki Mulfiati Lutfi (Gerindra, NasDem, PAN, PSI), Munafri Arifuddin-Aliyah Mustika Ilham (Golkar, Gemokrat, Perindo, Hanura, PBB, Partai Ummat), Indira Yusuf Ismail-Ilham Ari Fauzi (PDIP, PKB, PPP), dan Amri Arsyid-Abdul Rahman Bando (PKS).

Jelang Pilwali Makassar 2024, harta kekayaan para kandidat patut jadi sorotan. Hal itu mengingat pentingnya transparansi dan integritas dalam kepemimpinan.

Lalu, berapa harta kekayaan para kandidat wali kota Makassar? Mari simak laporan harta kekayaan mereka berikut ini, yang dikutip dari Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara (LHKPN) di laman Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).

Baca Juga: Pilkada Makassar, Pertarungan Klan Politik Terkuat di Tanah Daeng

1. Andi Seto Asapa

Harta Kekayaan Bakal Calon Wali Kota Makassar, Siapa Paling Tajir?Pasangan bakal calon wali kota dan wakil wali kota Makassar Andi Seto Asapa - Rezki Mulfiati Luthfi mendaftar ke Kantor KPU Makassar, Rabu (28/8/2024). (Dok. Istimewa))

Andi Seto Asapa menyampaikan LHKPN terbaru pada Maret 2023, saat masih menjabat Bupati Sinjai. Dalam laporannya, harta Seto dilaporkan senilai Rp35 miliar lebih, tepatnya Rp35.735.000.000.

Harta Seto terdiri dari tanah dan bangunan senilai total Rp14 miliar lebih, berupa empat item yang tersebar di Tangerang Selatan, Makassar, dan Sinjai. Lalu ada kendaraan berupa satu motor dan dua mobil dengan nilai total Rp1,6 miliar lebih. Mobil dengan nilai tertinggi adalah Lexus NX300 Tahun 2018, yaitu Rp1 miliar.

Selain itu, harta Seto terdiri dari harta bergerak lainnya senilai Rp2,7 miliar lebih. Kemudian surat berharga senilai Rp16,5 miliar, serta kas dan setara kas Rp764 juta.

2. Munafri Arifuddin

Harta Kekayaan Bakal Calon Wali Kota Makassar, Siapa Paling Tajir?Pasangan Munafri Arifuddin-Aliyah Mustika Ilham mendaftar di KPU Makassar, Kamis (29/8/2024)/Istimewa

Munafri Arifuddin menyampaikan LHKPN pada Juli 2024, sebagai calon anggota DPRD Sulsel. Dalam laporannya, Munafri punya harta kekayaan senilai total Rp20 miliar lebih, yaitu Rp20.582.014.741.

Mayoritas harta Munafri berupa tanah dan bangunan, dengan nilai total Rp12,2 miliar. Tanah dan bangunan terdata delapan item, di Maros, Makassar, dan Majene.

Alat transportasi dan mesin dilaporkan senilai Rp1 miliar, terdiri dari dua mobil masing-masing Mercedez Benz LC Tahun 2014 senilai Rp850 juta dan Mitsubishi Sport 2018 senilai Rp170 juta.

Harta bergerak lainnya dilaporkan senilai Rp1,75 miliar, ditambah kas dan setara kas Rp2 miliar lebih, serta harta lainnya bernilai Rp3,5 miliar.

3. Indira Yusuf Ismail dan Amri Arsyid

Harta Kekayaan Bakal Calon Wali Kota Makassar, Siapa Paling Tajir?Pasangan calon wali kota dan wakil wali kota Makassar Indira Jusuf Ismail-Ilham Ari Fauzi Amir Uskara. (Dok. Istimewa)

LHKPN adalah daftar harta kekayaan Penyelenggara Negara yang dituangkan di dalam formulir LHKPN yang ditetapkan oleh KPK. Dari empat bakal calon wali kota Makassar, baru dua yang melaporkan LHKPN.

Dua bakal calon lain, Indira Yusuf Ismail serta Amri Arsyid belum punya LHKPN di laman KPK. Indira diketahui merupakan istri Wali Kota Makassar dua periode Danny Pomanto, sedangkan Amri berstatus Ketua DPW PKS Sulsel.

Baca Juga: Daftar Lengkap Paslon Pilwali Makassar dan Partai Pengusung

Topik:

  • Aan Pranata

Berita Terkini Lainnya