Hari Ini Sopir Petepete se-Makassar Berunjuk Rasa

Waspadai kemacetan di titik demo sopir angkot

Makassar, IDN Times - Para sopir angkutan kota atau petepete di Kota Makassar, Sulawesi Selatan berencana menggelar demonstrasi, Selasa (26/3) hari ini. Unjuk rasa sebagai bentuk penolakan para sopir terhadap kewajiban retribusi angkuta kota yang dikeluarkan Pemerintah Kota.

Menurut informasi yang beredar di media sosial, para sopir akan berdemonstrasi bersama gabungan buruh dan mahasiswa lintas elemen. Mereka mengatasnamakan diri Aliansi Community Angkot (ACO).

“Estimasi massa sebanyak seribu orang,” kata pemimpin aksi Ahmad Ando, pada keterangan tertulis yang diterima Senin (25/3).

1. Demonstrasi rencananya digelar di tujuh titik

Hari Ini Sopir Petepete se-Makassar Berunjuk RasaTwitter / DiskominfoMks

Menurut penyampaian aliansi sopir, unjuk rasa akan digelar di sejumlah titik berbeda. Massa akan lebih dulu berkumpul di kawasan jembatan fly over jalan Urip Sumoharjo, sebelum berorasi di Kantor Gubernur Sulsel dan Kantor Wali Kota Makassar.

Selanjutnya, massa rencananya berorasi di sejumlah tempat lainnya. Di antarnya, Kantor DPRD Kota dan Provinsi, Kantor Dinas Perhubungan Sulsel, Terminal Regional Daya, dan simpang lima Bandara Hasanuddin.

2. Sopir tuntut keadilan soal retribusi

Hari Ini Sopir Petepete se-Makassar Berunjuk RasaIDN Times / Aan Pranata

Dalam rencana aksi yang tersebar melalui media sosial, para sopir petepete mengungkapkan sejumlah tuntutan. Yang utama menuntut pemerintah membebaskan retribusi untuk angkutan kota, sebab ada angkutan umum lain yang tidak membayar retribusi serupa.

“Boikot retribusi angkutan kota karena adanya diskriminasi atas angkutan lainnya,” bunyi tuntutan para sopir.Selain distribusi, para sopir menuntut pemerintah menurunkan pajak kendaraan bermotor, menertibkan angkutan umum yang tidak sesuai ketentuan, serta menindaki oknum yang membentengi perusahaan angkutan bandara.

Baca Juga: Kemenhub Tetapkan Tarif Ojek Online. Di Sulawesi Jadi Berapa Ya?

3. Sopir mulai berhenti mengangkut penumpang

Hari Ini Sopir Petepete se-Makassar Berunjuk RasaIDN Times/Ardiansyah Fajar

Hingga berita dihimpun pukul 11.55 Wita, sejumlah kendaraan petepete di kota Makassar terlihat mulai bergerak ke titik demonstrasi. Sebagian sopir terlihat tak lagi mengangkut penumpang. Di jalan yang biasanya ramai terlihat petepete, kini cenderung sepi.

Baca Juga: Aplikator Ojek Online Wajib Sediakan Shelter, Begini Pembagiannya

Topik:

  • Ita Lismawati F Malau

Berita Terkini Lainnya