Hadir di Makassar, Torch Kenalkan Cara Baru Berbelanja

Jadi hub pengiriman di kawasan Timur, tawarkan gratis ongkir

Makassar, IDN Times - Brand tas dan perlengkapan traveling asal Bandung, Torch kini hadir di Kota Makassar, Sulawesi Selatan. Offline store Torch Makassar tersedia di mal Nipah Park, ditandai grand opening, Sabtu  (9/9/2023).

Torch menawarkan inovasi baru dalam berbelanja lewat sistem hybrid O2O atau online to offline. Dengan sistem itu, Torch memudahkan konsumennya memesan produk secara online dan mengambil produknya langsung di offline store. Hadirnya toko offline di Makassar bisa mempermudah pengiriman produk di kawasan Indonesia Timur.

Selain itu, konsumen bisa berbelanja secara online untuk dikirimkan ke alamat tertentu dengan pengiriman lokal sehingga produk sampai lebih cepat. Lalu konsumen juga bisa berbelanja di offline store dan dikirimkan ke alamat tertentu.

"Selama ini, permasalahan sebelum membuat toko, biaya pengiriman dari Jakarta mahal ke sini. Toko ini disiapkan untuk jadi hub pertama pengiriman di Indonesia Timur, di mana salah satu kota dengan penjualan tertinggi adalah Makassar," kata CEO Torch Ben Wirawan pada grand opening di Makassar, Sabtu.

Baca Juga: Strategi Bisnis Torch, Seimbangkan Belanja Online dan Datang ke Toko  

1. Makassar lokasi toko keenam, tawarkan gratis ongkir seumur hidup

Hadir di Makassar, Torch Kenalkan Cara Baru BerbelanjaBrand perlengkapan traveling asal Bandung, Torch, membuka offline store di Makassar. (Dok. Istimewa)

Makassar merupakan lokasi keenam Torch mendirikan offline store. Sebelumnya toko sudah dibuka di Bandung, Depok, Tangerang, Yogyakarta, dan Medan.

Ben mengatakan, pihaknya membuka offline store untuk memudahkan pembelian serta mendekatkan produk dengan pelanggan. Torch juga membuka kesempatan kerja sama dengan desainer, affiliator, dan influencer di daerah masing-masing. 

"Harapannya kita, paling tidak untuk sekarang Makassar bisa pengiriman sameday gratis. Lalu untuk Sulawesi bisa pengiriman gratis, karena produk bukan dikirim dari Jakarta lagi. Free ongkir sepanjang hidup, bukan program sekali-kali, bulanan, atau harian," ucapnya.

2. Torch menyasar anak muda dengan beragam hobi

Hadir di Makassar, Torch Kenalkan Cara Baru BerbelanjaBrand perlengkapan traveling asal Bandung, Torch, membuka offline store di Makassar. (Dok. Istimewa)

Menghadirkan beragam produk apparel dan perlengkapan traveling, Torch menyasar kalangan millennials dan Gen Z sebagai pasarnya. Khususnya anak muda dengan beragam hobi dan aktivitas, misalnya ngeband, naik gunung, lari, atau traveling.

"Anak muda sekarang punya kecenderungan, abis kerja pulangnya lari, naik sepeda, atau hobi-hobi lain. Makanya Torch memakai tagline 'Real People', karena kita ingin mendapatkan insight dari orang-orang itu," kata Ben Wirawan.

3. Ada fasilitas live streaming di toko online

Hadir di Makassar, Torch Kenalkan Cara Baru BerbelanjaBrand perlengkapan traveling asal Bandung, Torch, membuka offline store di Makassar. (Dok. Istimewa)

Fenomena berbelanja secara online menjadi budaya yang populer di Indonesia. Sebanyak
178,9 juta penduduk Indonesia memilih untuk berbelanja secara online, menurut laporan terbaru dari firma riset We Are Social sepanjang tahun 2022 hingga awal tahun 2023. Angka ini mengalami kenaikan sebesar 12,8% dari tahun sebelumnya. Terlebih, masyarakat Indonesia disajikan beragam aplikasi belanja online yang memudahkan untuk mendapatkan kebutuhannya tanpa perlu pergi kemana-mana.

Sistem O2O menjadi salah satu upaya Torch untuk mengikuti perkembangan budaya
masyarakat. Tidak berhenti di situ, Torch pun mengembangkan fitur lainnya untuk hadir di offline store. Di dalam toko, tersedia ruang khusus bagi banyak talent yang hobi untuk berbicara dan tampil percaya diri di depan kamera.

Di dalam offline store Torch akan disiapkan ruangan khusus untuk live streaming.
Sehingga pengunjung bisa menonton live streamer sedang preview produk. Live streamer pun bisa menyalurkan hobinya dan mengajak konsumen untuk berbelanja dengan sistem O2O.

"Hadirnya fitur live streaming di dalam offline store membuka banyak kesempatan bagi
talent-talent lokal untuk berkarya bersama Torch," kata Ben.

Baca Juga: Produk Lokal Torch Kolaborasi dengan Marvel Hadirkan Edisi Nostalgia

Topik:

  • Aan Pranata

Berita Terkini Lainnya