Gubernur Tegaskan Kandang PSM Makassar Milik Pemprov 

Stadion Andi Mattalatta dikelola YOSS sejak tahun 1970-an

Makassar, IDN Times - Gubernur Sulawesi Selatan Nurdin Abdullah menegaskan kompleks gelanggang olahraga dan Stadion Andi Mattalatta Makassar sebagai aset milik Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan. Kandang klub PSM Makassar itu sejak tahun 1970-an dikelola oleh Yayasan Olahraga Sulawesi Selatan (YOSS).

Nurdin mengungkap soal Stadion Andi Mattalatta di tengah upaya Pemprov Sulsel memperjuangkan aset yang selama ini ditengarai bermasalah. 

"Pertanyaannya sekarang, itu punya siapa? Itu punya Pemprov," kata Nurdin Abdullah dalam keterangannya yang dikutip Antara, Jumat (31/8).

1. Pemprov putus pengelolaan YOSS

Gubernur Tegaskan Kandang PSM Makassar Milik Pemprov Didit Hariyadi

Gubernur Nurdin menyatakan kepemilikan Pemprov Sulsel atas aset Stadion Andi Mattalatta sudah jelas. KPK, melalui Wakil Ketua Laode Syarief di Kantor Kementerian Dalam Negeri, Selasa (27/8), juga sudah menegaskan soal status aset tersebut. Nilai aset mencapai Rp2,5 triliun.

Nurdin Abdullah mengungkapkan, Pemprov sudah menyurati Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Sulsel untuk memberhentikan izin YOSS dalam pengelolaan stadion.

"Sekarang, Pemprov sudah menyatakan memutus pengelolaan," ujar Nurdin.

Baca Juga: Kecewanya Gubernur Sulsel Atas Penundaan PSM Kontra Persija

2. KONI diminta cari pengelola yang baru

Gubernur Tegaskan Kandang PSM Makassar Milik Pemprov IDN Times/Achmad Hidayat Alsair

Gubernur menyebut penegasan Pemprov terhadap aset sangat penting, lebih dari sekadar pengakuan. Sebab jika tidak dikuasai, bisa jadi dinilai terjadi kerugian negara. Negara melalui KPK dan Kejaksaan juga telah meminta Pemprov untuk menertibkan seluruh aset.

Kepada YOSS, Nurdin mempersilakan untuk menempuh jalur hukum jika tidak puas dengan sikap Pemprov. Pihaknya sendiri sudah memiliki dasar hukum yang jelas atas kepemilikan aset stadion. Ke depan, kompleks stadion tersebut untuk sementara akan diambil alih oleh KONI Sulsel.

"Ini yang kita mau luruskan. Kita minta KONI untuk mengambil alih pengelolaan oleh YOSS, nanti KONI mengembalikan ke Pemprov, siapa yang akan ditunjuk sebagai pengelola," kata Nurdin.

Baca Juga: Gubernur Sulsel Ingin Buat Perda Terkait Kerajaan

3. PSM siap kerja sama pengelolaan dan perbaikan stadion

Gubernur Tegaskan Kandang PSM Makassar Milik Pemprov Humas Pemprov Sulsel

CEO Klub PSM Makassar Munafri Arifuddin pernah menyinggung soal status stadion Andi Mattalatta. Dia menyebut selama ini tidak jelas siapa pemiliknya, antara YOSS atau Pemprov Sulsel. PSM pun ragu untuk menjalin kerja sama pengelolaan maupun perbaikan stadion.

Seperti diketahui, pada Piala AFC 2019, PSM harus berkandang di luar daerah karena Stadion Andi Mattalatta tidak memenuhi standar persyaratan. Pada Piala AFC 2020 tim Juku Eja ingin berkandang di Makassar, sehingga akan mengupayakan sejumlah perbaikan stadion.

"Kalau melihat untuk secepatnya kita menentukan siapa sebenarnya pemilik Stadion Andi Mattalatta Mattoangin Makassar. Kalau itu milik Pemprov, kami mengusulkan untuk dikucurkan dana perbaikan, yang kita hitung-hitung tidak sampai Rp10 miliar," kata Munafri saat rombongan PSM Makassar berkunjung ke Rumah Jabatan Gubernur Sulsel usai Juara Piala Indonesia, beberapa waktu lalu. 

Baca Juga: Suporter PSM Minta Ratu Tisha Pergi dari Stadion Mattoanging

Topik:

  • Irwan Idris

Berita Terkini Lainnya