Gempa 4,9 SR Goyang Mamuju, Tidak Berpotensi Tsunami

Titik gempa berada di laut dengan kedalaman 8 kilometer

Makassar, IDN Times - Gempa bumi teknonik Magnitudo 4,9 mengguncang ibu kota Sulawesi Barat, Kabupaten Mamuju, Rabu (6/2) pukul 12.23 WITA. Titik pusat gempa berlokasi di laut pada kedalaman 8 kilometer, dan tidak berpotensi tsunami.

“Episenter pada jarak 36 Kilometer arah barat daya dari kecamatan Tapalang Barat, Kabupaten Mamuju,” kata Pelaksana Tugas Kepala Balai Besar Meteorologi Klimatologi dan Geofisika Wilayah IV Makassar Joharman.

1. Akibat patahan Selat Makassar

Gempa 4,9 SR Goyang Mamuju, Tidak Berpotensi TsunamiIDN Times/Sukma Shakti

Menurut catatan BMKG dengan memerhatikan lokasi dan kedalaman hiposenter, gempa bumi ini termasuk dalam klasifikasi gempa bumi dangkal. Gempa merupakan akibat aktivitas patahan naik Selat Makassar, yang berdekatan dengan pusat epicenter. Belum ada laporan tentang kerusakan akibat gempa.

“Berdasarkan laporan masyarakat, gempa bumi ini dirasakan di Mamuju, Majene, Wonomulyo, Polewali, Kalukku, dan Campalagian,” ujar Joharman.

Baca Juga: Kemenhub Bentuk Tim Investigasi Kasus Kematian Taruna ATKP Makassar

2. Masyarakat diimbau tetap tenang

Gempa 4,9 SR Goyang Mamuju, Tidak Berpotensi Tsunamifreepik.com

BMKG memastikan bahwa, sesuai pemodelan, gempa bumi di Sulbar tidak berpotensi tsunami. Masyarakat diimbau agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu dan rumor di luar yang tidak dapat dipertanggungjawabkan.

“Masyarakat diimbau agar tetap tenang dan terus mengikuti informasi BMKG,” Joharman menerangkan.

3. Berikut sumber informasi resmi BMKG yang bisa kamu ikuti

Gempa 4,9 SR Goyang Mamuju, Tidak Berpotensi Tsunamibmkg.go.id

Untuk mendapatkan informasi terbaru seputar cuaca atau gempa bumi, pastikan kamu telah mengikuti berbagai saluran komunikasi resmi BMKG. Informasi yang telah terverifikasi, antara lain disebarkan melalui situs resmi www.bmkg.go.id, Instagram dan Twitter dengan akun @infoBMKG, atau melalui aplikasi resmi Info BMKG pada perangkat Android dan iOS.

Baca Juga: Gempa 6 Skala Ritcher Guncang Mentawai, Tak Ada Korban Jiwa

Topik:

  • Dwi Agustiar

Berita Terkini Lainnya