Comscore Tracker

Foto NASA Tunjukkan Keindahan Lanskap Sulawesi dari Luar Angkasa  

Sebagian daratan tertutup kumpulan awan

Makassar, IDN Times - Obsevatorium Bumi lembaga antariksa Amerika Serikat (NASA) baru-baru ini memublikasikan sebuah foto yang memuat keindahan lanskap pulau Sulawesi dari luar angkasa. Foto yang diunggah lewat akun Instagram @nasaearth itu memperlihatkan sebagian daratan yang tertutup kumpulan awan saat matahari terbit.

Momen sangat langka ini diabadikan astronot dari Stasiun Luar Angkasa Internasional (ISS) pada 19 Mei 2019 lalu. Akun Instagram @nasaearth kemudian mengunggahnya pada Sabtu (10/8).

Foto NASA menampilkan semenanjung utara Pulau Sulawesi yang didominasi nuansa jingga matahari pagi. Bagian lain pulau terlihat samar dengan balutan awan yang melemparkan bayangan panjang. Area yang lebih gelap di bagian bawah foto menandai tepi garis siang-malam, yang juga dikenal sebagai terminator.

Lewat keterangan foto, NASA mengungkapkan keindahan alam yang terekam dengan mengutip lirik lagu Norah Jones. "Sunrise, sunrise. Looks like mornin' in your eyes."

"Stasiun Luar Angkasa Internasional sedang melintasi khatulistiwa ketika seorang astronot melihat ke timur dan mengambil foto ini tepat setelah matahari terbit. Bidang tanah yang terkena sinar matahari pagi adalah semenanjung utara pulau Sulawesi Indonesia," tulis @nasaearth.

1. Foto mengungkap kondisi alam khatulistiwa yang cenderung berawan

Foto NASA Tunjukkan Keindahan Lanskap Sulawesi dari Luar Angkasa  nasa.gov

Dalam laman Observatorium Bumi Nasa dijelaskan bahwa Indonesia berada pada wilayah khatulistiwa yang cenderung berawan. Foto yang dipublikasikan turut mengungkap kondisi alam tersebut. 

Pada bagian latar depan gambar, awan melemparkan bayangan panjang saat sinar matahari menyeruak pada sudut rendah. Pada arah cakrawala, awan melemparkan bayangan yang lebih pendek di mana matahari sudah lebih tinggi di langit.

Para ilmuwan yang bekerja dengan foto-foto luar angkasa, selama ini berhasil mengidentifikasi berbagai lokasi di bumi melalui perspektif dari jendela ISS. Namun, wilayah yang konsisten berawan lebih sulit dikenali. Bantuan cahaya matahari yang menyoroti garis pantai sering dikaburkan oleh awan dan aerosol. Namun keunikan awan itulah yang menginspirasi astronot untuk menangkap pemandangan Sulawesi ini.

2. NASA sediakan gambar pengamatan bumi secara gratis

Foto NASA Tunjukkan Keindahan Lanskap Sulawesi dari Luar Angkasa  Pixabay.com/PIRO4D

Andrea Meado, melalui laman NASA mengatakan, foto lanskap Sulawesi berawan diperoleh astronot menggunakan kamera digital Nikon D5 dengan lensa 58 milimeter. Gambar ini disediakan oleh kru Fasilitas Pengamatan Bumi ISS dan Unit Ilmu Bumi dan Penginderaan Jauh Johnson Space Center. Gambar telah dipangkas dan diedit untuk peningkatan kontras. 

ISS mendukung astronot mengambil gambar bumi yang bisa dimanfaatkan oleh para ilmuwan dan masyarakat. Gambar bisa diakses secara bebas melalui laman internet, lewat tautan eol.jsc.nasa.gov.

Baca Juga: Menapaki Jejak Sejarah Kereta Api di Sulawesi Selatan

3. NASA juga pernah publikasikan lanskap daerah terdampak gempa di Palu

Foto NASA Tunjukkan Keindahan Lanskap Sulawesi dari Luar Angkasa  earthobservatory.nasa.gov

Obsertatorium Bumi NASA juga pernah mempublikasikan gambar lanskap Kota Palu, wilayah lain pulau Sulawesi, pada Oktober 2018. Saat itu Palu baru saja diguncang gempa dangkal dahsyat yang menghasilkan banyak kerusakan.

Melalui dua foto berbeda, ditampilkan perbedaan kondisi daratan Palu pada 29 September 2018 atau sebelum gempa, serta 2 Oktober 2018 atau setelah bencana. Sementara daerah pesisir mengalami kerusakan parah karena tsunami, gambar tersebut juga mengungkapkan tiga aliran lumpur besar ke daratan yang menyebabkan kerusakan parah di daerah berpenduduk padat.

Baca Juga: 5 Surga Wisata Bahari yang Ada di Sulawesi Selatan, Wajib ke Sini!

Topic:

  • Ita Lismawati F Malau

Just For You