Dua Kloter Awal Jemaah Haji Embarkasi Makassar Berangkat 12 Mei

Embarkasi Makassar pintu jemaah haji asal delapan provinsi

Makassar, IDN Times - Kelompok terbang 1 dan 2 jemaah haji Embarkasi Makassar dijadwalkan masuk asrama haji di Sudiang, Makassar, pada 11 Mei 2024. Kedua kloter akan diterbangkan ke Madinah, Arab Saudi keesokan harinya, 12 Mei 2024.

Menurut informasi dari Kantor Wilayah Kementerian Agama Sulawesi Selatan, Kloter 1 berisi 450 orang termasuk petugas pendamping akan masuk asrama haji pada 11 Mei pukul 14.00 Wita. Kemudian Kloter 2 masuk pukul 20.00 Wita. 

Pemberangkatan ke Arab Saudi juga berbeda. Kloter 1 berangkat pada 12 Mei 2024 pukul 16.30 Wita, Kloter 2 pukul 23.50 Wita.

Pemberangkatan jemaah haji Embarkasi Makassar terbagi dalam dua gelombang dengan jumlah 37 kloter. Gelombang pertama dengan tujuan Madinah terdiri dari 14 kloter, dengan pemberangkatan bertahap hingga 22 Mei 2024. Adapun gelombang kedua dengan tujuan Jeddah terdiri dari 22 kloter, pemberangkatan bertahap dari 24 Mei hingga 9 Juni 2024.

Tahun ini Embarkasi Makassar jadi pintu keberangkatan bagi 16.343 orang menuju Tanah Suci. Jemaah haji berasal dari 24 kabupaten/kota di Sulawesi Selatan serta tujuh provinsi lain di wilayah Indonesia Timur, yaitu Sulawesi Barat, Sulawesi Tenggara, Gorontalo, Maluku, Maluku Utara, Papua, dan Papua Barat.

Kepala Bidang Penyelenggaraan Haji dan Umrah Kanwil Kemenag Sulsel, Ikbal Ismail mengatakan, selama berada di Arab Saudi, para jemaah akan didampingi oleh Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Kloter, yang terdiri dari petugas pembimbing ibadah, dokter, dan perawat. Ikbal menegaskan bahwa tim PPIH akan menyediakan dukungan penuh mulai dari keberangkatan, selama berada di Arab Saudi, hingga kepulangan ke Indonesia.

"Alhamdulillah semuanya sudah pada siap untuk menyambut operasional haji tahun 2024," kata Ikbal kepada IDN Times.

Baca Juga: Daftar Sebaran Penempatan Jemaah Haji Indonesia di Makkah dan Madinah

Topik:

  • Aan Pranata

Berita Terkini Lainnya