Dicurigai Satu Kasus Gangguan Ginjal Akut Misterius di Sulsel

Sejauh ini belum ada laporan dan temuan kasus ginjal akut

Makassar, IDN Times - Dinas Kesehatan Provinsi Sulawesi Selatan memantau informasi seorang anak dicurigai sebagai penderita gangguan ginjal akut misterius. Kasus gangguan ginjal akut tengah jadi perhatian di masyarakat karena bisa menimbulkan kematian.

"Belum ada kabar resmi, tapi kita sudah komunikasi langsung. Ada satu orang dicurigai sejak Juli, begitu informasinya," kata Kepala Dinas Kesehatan Sulsel Rosmini Pandin dikutip dari Antara, Kamis (20/10/2022).

Baca Juga: Gagal Ginjal Akut Anak, Kemenkes Datangkan Penawar dari Luar Negeri 

1. Masyarakat diminta melaporkan jika menemukan kasus dicurigai

Dicurigai Satu Kasus Gangguan Ginjal Akut Misterius di SulselIlustrasi rumah sakit. (IDN Times/Arief Rahmat)

Sambil menindaklanjuti kepastian dari informasi itu, Dinas Kesehatan Sulsel menggalakkan upaya pencegahan. Masyarakat idminta segera melaporkan bila ada anak dengan ciri-ciri gejala ginjal akut misterius.

"Kita sudah edarkan kalau ada ditemukan dikirim ke tim khusus, kebetulan kita update terus perkembangan," kata Rosmini.

Menurut Juru Bicara Kementerian Kesehatan, M Syahril, dalam kasus gagal ginjal akut ini, gejala khas yang mucul adalah penurunan volume urine secara tiba-tiba. "Perlunya kewaspadaan orang tua yang memiliki anak balita dengan gejala, ini penting ya, penurunan jumlah air kencing atau seni atau urine dan frekuensi buang air kecil," katanya pada dalam Keterangan Pers: Perkembangan Acute Kidney Injury (AKI), Rabu (19/10/2022).

Bukan hanya jumlah urinenya yang berkurang, namun juga frekuensinya. Selain itu, gejalanya juga bisa dengan atau tanpa demam, dengan atau tanpa diare, batuk, pilek, mual dan muntah. Jika ada gejala itu, orang tua diminta untuk segera membawa anak ke fasilitas kesehatan terdekat.

2. Belum ada temuan kasus di Sulsel

Dicurigai Satu Kasus Gangguan Ginjal Akut Misterius di Sulselilustrasi keluarga (IDN Times/Mardya Shakti)

Sejauh ini, Dinas Kesehatan Sulsel belum menemukan satu kasus yang dipastikan penyakit ginjal akut anak. Rosmini berharap ke depannya tetap tidak ada kasus seperti itu di Sulsel.

"Dari informasi katanya ada satu. Infonya seperti itu, tapi sejak Juli. Selanjutnya tidak ada ditemukan. Semoga saja tidak ada," tuturnya.

3. Sudah 99 kasus kematian terkait penyakit ginjal akut pada anak

Dicurigai Satu Kasus Gangguan Ginjal Akut Misterius di Sulselfreepik.com/brgfx

Dari data pelaporan Kementerian Kesehatan per 18 Oktober 2022, dilaporkan Juru bicara Kemenkes Mohammad Syahril, tercatat ada sebanyak 206 kasus dari 20 Provinsi yang melaporkan. Untuk tingkat kematian telah mencapai 99 kasus atau 48 persen.

Sampai saat ini Kemenkes RI terus melakukan penelitian penyebab penyakit tersebut, namun dari beberapa informasi dicurigai sumber penyakit diduga berasal dari sirup obat parasetamol asal luar negeri. Kendati demikian belum bisa disimpulkan karena masih dalam proses riset dari pihak terkait.

Baca Juga: Waspadai Gangguan Ginjal Akut, Hindari Obat Cair atau Sirup

Topik:

  • Aan Pranata

Berita Terkini Lainnya