Demokrat Makassar Dukung AHY Gantikan SBY Jadi Ketua Umum Partai 

AHY disebut lebih layak ganti SBY

Makassar, IDN Times - Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Partai Demokrat Kota Makassar, Sulawesi Selatan, mendukung Agus Harimurti Yudhoyono untuk mengambil alih pucuk pimpinan partai. AHY dianggap pantas menggantikan ayahnya, Susilo Bambang Yudhoyono sebagai ketua umum.

Dukungan dari Makassar mengalir untuk AHY menyusul wacana yang berkembang di lingkungan Demokrat belakangan ini. SBY diisukan segera mundur karena alasan fokus mendampingi istrinya, Ani Yudhoyono, yang dirawat di Singapura.

"Secara kapasitas, AHY tidak diragukan lagi. Dia punya jam terbang, telah berkeliling Indonesia, dan yang paling penting punya rekam jejak di Pilgub DKI," kata Ketua DPC Demokrat Makassar Adi Rasyid Ali, Rabu (27/2).

Baca Juga: Ani Yudhoyono Masih Jalani Perawatan, AHY: Teruslah Berjuang!

1. AHY dianggap lebih layak dibanding Ibas

Demokrat Makassar Dukung AHY Gantikan SBY Jadi Ketua Umum Partai IDN Times / Aan Pranata

Adi mengungkapkan, AHY memenuhi kriteria sebagai pengganti SBY. Suami Annisa Pohan itu dianggap cukup mapan dalam berpolitik, punya kapasitas, serta mewakili kaum millennial atau anak muda.

Demokrat, menurut Adi, butuh pemimpin berkarakter anak muda yang cepat dalam bertindak. Kader yang sebagian dari kalangan millennial membutuhkan pemimpin yang punya terobosan dan responsif menyikapi berbagai isu, situasi, dan tantangan.

Soal kapasitas pemimpin, Demokrat juga sebenarnya bisa berharap kepada Edhie Baskoro Yudhoyono. Sebagai kader dia juga lebih senior dibandingkan AHY. Namun, ada beberapa pertimbangan yang membuat AHY lebih layak menjadi ketua umum.

"Saya tidak katakan Ibas di bawah. Dia bagus, tapi di dalam politik butuh keahlian komunikasi dan marketing. Dan itu agaknya lebih dimiliki AHY dibandingkan Ibas," ucap Adi.

2. AHY dipercaya bisa dongkrak suara partai di Pileg

Demokrat Makassar Dukung AHY Gantikan SBY Jadi Ketua Umum Partai IDN Times / Aan Pranata

Menurut Adi, AHY sebagai Komandan Komando Tugas Bersama (Kogasma) selama ini telah sukses memperkuat upaya pemenangan Demokrat di Pemilu Legislatif (Pileg). Partai diyakini akan lebih optimal jika dia mengambil tongkat pimpinan tertinggi. Apalagi, SBY tidak akan terlalu fokus di partai selama dia berada di luar negeri.

Demokrat, kata Adi, punya petunjuk teknis untuk melakukan pergantian ketua umum. Namun diperkirakan wacana itu tidak akan berlangsung mulus, karena ada perdebatan di internal partai.

3. Isu penggantian SBY beredar di media sosial

Demokrat Makassar Dukung AHY Gantikan SBY Jadi Ketua Umum Partai instagram.com/aniyudhoyono

Isu penggantian ketua umum Demokrat ke tangan AHY beredar beberapa hari terakhir. Wacana itu mengemuka dari pesan berantai yang beredar di media sosial, salah satunya WhatsApp.

Dalam pesan, SBY akan melepas jabatannya karena memilih fokus merawat istri. Berikut informasi yang beredar:

Inponya: AHY akan menjadi Ketua Umum Partai Demokrat. Karena ketua Umum dan Ketua Dewan Pembina sedang sibuk di LN. Sekjen dan Bendum sibuk nyaleg. Maka Ketua Umum diserahkan kepada AHY persisnya pada 1 Maret nanti. Wallahu alam bishawab

Baca Juga: Unggahan Haru AHY, Saat Ani Yudhoyono Menatap Matahari Terbit 

Topik:

  • Aan Pranata
  • Sunariyah

Berita Terkini Lainnya