Danny Pomanto Nyatakan Siap Lawan Andi Sudirman-Fatmawati di Pilgub

"Saya dengan siapa pun saya siap," kata Danny

Makassar, IDN Times - Wali Kota Makassar M. Ramdhan 'Danny' Pomanto merespons kemungkinan Andi Sudirman Sulaiman-Fatmawati Rusdi berpasangan di Pemilihan Gubernur Sulawesi Selatan 2024. Danny diketahui turut masuk bursa kandidat.

Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) Partai NasDem Sulawesi Selatan telah mengusulkan pencalonan Sudirman-Fatma di Pilgub Sulsel. Sedangkan Danny Pomanto tengah menggalang dukungan partai politik untuk mencalonkan diri.

"Alhamdulilah, saya sampaikan selamat kepada Ibu Fatma dan Andi Sudirman, itu berarti kristalisasi politik di Makassar akan lebih cepat karena sudah ada pasangan," kata Danny di Makassar, Senin (27/5/2024).

Baca Juga: NasDem Usung Andi Sudirman-Fatmawati Rusdi di Pilgub Sulsel 2024

1. Danny siap melawan siapa saja

Danny Pomanto Nyatakan Siap Lawan Andi Sudirman-Fatmawati di PilgubKetua PPP Sulsel Imam Fauzan Amir Uskara (kiri) menerima formulir pendaftaran Bacagub Sulsel dari Danny Pomanto (kanan), Kamis (24/5/2024). (IDN Times/Istimewa)

Berpotensi berhadapan dengan Andi Sudirman-Fatmawati di Pilgub, Danny menyatakan tak gentar. Dia menyatakan optimistis bisa memenangkan prtarungan.

"Harus optimis, optimis itu tidak ada ukurannya. Kita hargai (potensi Sudirman-Fatmawati) tapi kan ada kekuatan lain, langit ini banyak, bukan satu langit, ada tujuh langit," ucapnya.

"Saya dengan siapa pun saya siap. Kapan saya tidak siap," dia menambahkan.

2. Klaim dukungan PDIP, partai lain menyusul

Danny Pomanto Nyatakan Siap Lawan Andi Sudirman-Fatmawati di PilgubWali Kota Makassar Moh Ramdhan Pomanto diantar pendukungnya mengembalikan formulir di lima parpol, Kamis (23/5/2024). (IDN Times/Istimewa)

Soal dukungan parpol, Danny yakin bisa memenuhi syarat untuk pencalonan. Sejauh ini dia menyebut baru mendapatkan kepastian dukungan dari PDIP, dan akan menyusul parpol lain. 

"Yang sudah fix PDIP, saya sudah punya modal sendiri. Insyallah dalam waktu dekat ini nanti akan terlihat koalisinya," katanya.

Danny melanjutkan, pasangannya di Pilgub nanti akan tergantung dengan koalisi parpol. Dia membuka diri berpasangan dengan siapa saja. "Tergantung koalisi," ucapnya saat ditanyai kemungkinan berpasangan dengan Bupati Luwu Utara Indah Putri Indriani.

3. Danny singgung restu Istana

Danny Pomanto Nyatakan Siap Lawan Andi Sudirman-Fatmawati di PilgubWali Kota Makassar, Moh Ramdhan Pomanto, Kamis (2/5/2024). IDN Times/Ashrawi Muin

Danny turut menyinggung perlunya restu Istana untuk mencalonkan diri di Pilgub. Istana mengacu kepada pemerintah pusat serta presiden.

"Kalau saya prinsipnya adalah menjadi gubernur sulsel yang menjadi penopang utama IKN (Ibu Kota Negara) itu harus didukung oleh pemerintah pusat. Tanpa dukungan pemerintah pusat saya kira tidak usah kita maju, itu intinya," kata dia.

Baca Juga: Andi Sudirman Apresiasi NasDem soal Pengusulan Cagub Sulsel

Topik:

  • Aan Pranata

Berita Terkini Lainnya