Daftar Lengkap Paslon Pilwali Makassar dan Partai Pengusung

Makassar, IDN Times - KPU Kota Makassar menutup tahapan pendaftaran bakal calon wali kota dan wakil wali kota Makassar, Kamis (30/8/2024). Ada empat pasangan calon yang mendaftar di Pilwali Makassar 2024.

Munafri Arifuddin maju sebagai calon wali kota untuk kali ketiga. Sebelumnya dia gagal meraih suara mayoritas pemilih saat jadi calon tunggal pada Pilwali Makassar 2018. Lalu di Pilwali Makassar 2020, Munafri kalah dari Danny Pomanto.

Istri Danny Pomanto Indira Jusuf Ismail maju usai sang suami menuntaskan dua periode kepemimpinan di Makassar. Saat Indira bertarung di Makassar, Danny juga mencalonkan di Pemilihan Gubernur Sulsel.

Mantan Bupati Sinjai Andi Seto Asapa juga terjun sebagai calon di Pilwali Makassar 2024. Sedangkan Ketua DPW Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Sulsel Amri Arsyid secara mengejutkan muncul sebagai poros keempat di detik-detik terakhir pendaftaran calon.

Sesuai Peraturan KPU Nomor Nomor 10 Tahun 2024 tentang Pencalonan Kepala Daerah,  untuk kabupaten/kota dengan jumlah daftar pemilih tetap (DPT) lebih dari 1 juta jiwa, partai politik atau gabungan parpol harus memeroleh suara sah Pemilu paling sedikit 6,5 persen di daerah itu. Pada Pemilihan Umum 2024, jumlah DPT Makassar 1.036.965 jiwa.

Total suara sah Pemilihan DPRD Makassar pada Pemilu 2024 adalah 728.277 suara. Dengan begitu, partai butuh setidaknya 47.339 suara untuk bisa mengusung sendiri pasangan calon wali kota dan wakil wali kota.

Berikut ini daftar pasangan calon wali kota dan wakil wali kota Makassar 2024 serta partai pengusungnya. Urutannya sesuai pendaftaran sebagai bakal calon di KPU Makassar.

Baca Juga: KPU Makassar Laksanakan Keputusan MK terkait Usia dan Ambang Batas

1. Andi Seto Gadhista Asapa-Rezki Mulfiati Lutfi

Daftar Lengkap Paslon Pilwali Makassar dan Partai PengusungPasangan bakal calon wali kota dan wakil wali kota Makassar Andi Seto Asapa - Rezki Mulfiati Luthfi mendaftar ke Kantor KPU Makassar, Rabu (28/8/2024). (Dok. Istimewa)

Kader Partai Gedindra yang juga eks Bupati Sinjai Andi Seto Asapa memilih bertarung di Pilwali Makassar 2024. Dia menggandeng legislator DPRD Sulsel dari fraksi NasDem Rezki Mulfiati Lutfi. Pasangan ini punya sapaan "Sehati".

Seto-Rezki diusung empat partai politik, yaitu Gerindra, NasDem, PAN, dan PSI.

2. Munafri Arifuddin-Aliyah Mustika Ilham

Daftar Lengkap Paslon Pilwali Makassar dan Partai PengusungPasangan Munafri Arifuddin-Aliyah Mustika Ilham mendaftar di KPU Makassar, Kamis (29/8/2024)/Istimewa

Munafri Arifuddin sedianya merupakan caleg terpilih DPRD Sulsel periode 2024-2029. Namun dia memutuskan maju kembali di Pilwali Makassar usai kalah dua penyelenggaraan lalu. Munafri berpasangan dengan anggota DPR dari Partai Demokrat Aliyah Mustika Ilham, istri dari eks Wali Kota Makassar Ilham Arief Sirajuddin. Keduanya dijuluki pasangan "Mulia".

Pasangan Munafri-Aliyah diusung lima partai politik. Masing-masing, Golkar, Demokrat, Perindo, Hanura, dan Partai Bulan Bintang.

3. Indira Yusuf Ismail-Ari Ilham Fauzi Amir Uskara

Daftar Lengkap Paslon Pilwali Makassar dan Partai PengusungPasangan Calon Wali Kota dan Wakil Wali Kota Makassar, Indira Yusuf ismail dan Ilham Ari Fauzi Amir Uskara saat mendaftar di KPU Makassar, Kamis (29/8/2024). IDN Times/Faisal Mustafa

Indira Yusuf Ismail, istri Danny Pomanto bertekad melanjutkan pembangunan Kota Makassar dengan meneruskan kepemimpinan sang suami yang menjabat wali kota dua periode. Indira berpasangan dengan tokoh anak muda, Ilham Ari Fauzi Amir Uskara, yang juta anak tokoh Partai Persatuan Pembangunan (PPP) Amir Uskara.

Indira-Ilham Ari disapa Inimi. Partai pengusungnya adalah Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), PDI Perjuangan, dan Partai Persatuan Pembangunan (PPP). 

4. Amri Arsyid-Abdul Rahman Bando

Daftar Lengkap Paslon Pilwali Makassar dan Partai PengusungMuhammad Amri Arsyid dan Abdul Rahman Bando menutup pintu pendaftaran pasangan calon Wali Kota dan Wakil Wali Kota Makassar 2024-2029 di KPU Makassar, Jalan Perumnas Raya, Kamis (29/8/2024) malam. IDN Times/Faisal Mustafa

Jelang pendaftaran, Partai Keadilan Sejahtera (PKS) memutuskan membuat poros baru di Pilwali Makassar. Mereka mengajukan Ketua DPW PKS Sulsel Amri Arsyid sebagai calon, berpasangan dengan eks pejabat Pemkot Abdul Rahman Bando.

Munculnya pasangan ini tak terlepas dari keputusan Mahkamah Konstitusi (MK) yang mengubah ambang batas syarat pengajuan calon oleh partai politik di pilkada. Pasangan ini punya tagline "Makassar Aman", dengan cuma diusung oleh PKS.

Baca Juga: Bawaslu Makassar Launching 15 Posko Kawal Hak Pilih

Topik:

  • Aan Pranata

Berita Terkini Lainnya