Cak Imin Cawapres Anies? Relawan: Siapa Pun Kami Terima

Relawan menyatakan tegak lurus pada bacapres Anies Baswedan

Makassar, IDN Times - Bakal calon presiden Anies Rasyid Baswedan dikabarkan akan menggandeng Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Muhaimin Iskandar sebagai pasangan di Pemilihan Presiden 2024. Jika terjadi, keputusan itu bakal mengubah peta politik.

Soal wacana yang berkembang, relawan Anies Baswedan di Sulawesi Selatan seakan tak ambil pusing. Ketua Umum Konferederasi Nasional Relawan Anies (KoReAn), Muhammad Ramli Rahim mengatakan pemilihan bakal calon wakil presiden ada di tangan Anies.

"Bagi KoReAn, segala hal terkait koalisi dan cawapres tidak pernah menjadi masalah, KoReAn tetap fokus dan tegak lurus pada bakal calon presiden Anies Baswedan," kata Ramli Rahim dalam keterangannya yang diterima, Jumat (1/9/2023).

Baca Juga: Demokrat Sebut Anies Terima Penetapan Cak Imin sebagai Bakal Cawapres

1. Relawan menyerahkan keputusan soal bakal cawapres kepada Anies

Cak Imin Cawapres Anies? Relawan: Siapa Pun Kami TerimaAnies Baswedan kunjungi Jember. (FOTO: Twitter/ Anies Rasyid Baswedan)

Wacana paket Anies-Cak Imin di Pilpres jadi topik utama, Kamis (31/8/2023). Sekretaris Jenderal Partai Demokrat Teuku Riefky Harsya mengeluarkan pernyataan keras menanggapi situasi dinamika politik tersebut.

Menurut Ramli Rahim, penentuan cawapres menjadi urusan Anies bersama para partai koalisi. Sedangkan relawan fokus pada urusan lain yaitu upaya memenangkan Anies pada Pilpres 2024.

"Seluruh relawan Anies yang berafiliasi dengan KoReAn murni 100 persen berjuang untuk memenangkan Anies Baswedan dan menerima sepenuhnya siapa pun calon wakil presiden yang diputuskan oleh Anies Baswedan," kata Ramli.

2. Siapa pun bakal cawapres akan diterima

Cak Imin Cawapres Anies? Relawan: Siapa Pun Kami TerimaIDN Times/Gregorius Aryodamar P

Ramli menyatakan relawan saat ini sudah bergerak menggalang dukungan dan simpati masyarakat untuk Anies Baswedan. Kerja-kerja mereka tak terpengaruh wacana penentuan bakal cawapres.

"Bagi KoReAn, Anies harus fokus untuk memenangkan kontestasi pilpres 2024 sehingga relawan harus bisa menerima apapun strategi bacapres demi kemenangan pada pilpres 2024," katanya.

3. Wacana Anies-Cak Imin dibocorkan Sekjen Demokrat

Cak Imin Cawapres Anies? Relawan: Siapa Pun Kami TerimaPenampakan banner AHY dan Anies masih terpajang di Jalan Radin Intan, Bandar Lampung pascakabar duet Anies-Muhaimin, Junat (1/9/2023) siang. (IDN Times/Tama Yudha Wiguna).

Sebelumnya Sekjen Demokrat Teuku Riefky Harsya membocorkan informasi yang dia teirma bahwa Cak Imin disepakati cawapres Anies Baswedan. Dia mengatakan informasi itu dia dapatkan pada Rabu (30/8/2023).

"Kemarin, 30 Agustus 2023, kami mendapatkan informasi dari Sudirman Said, mewakili capres Anies Baswedan, bahwa Anies telah menyetujui kerja sama politik Partai Nasdem dan PKB, untuk mengusung pasangan Anies Baswedan dan Muhaimin Iskandar. Persetujuan ini dilakukan secara sepihak atas inisiatif Ketum Nasdem, Surya Paloh," ucap dia.

Demokrat geram dan tak terima dengan keputusan sepihak itu. "Hari ini, kami melakukan konfirmasi berita tersebut kepada Anies Baswedan. Ia mengonfirmasi bahwa berita tersebut adalah benar. Demokrat “dipaksa” menerima keputusan itu (fait accompli)," ucap dia.

Baca Juga: NasDem Tawarkan Muhaimin Jadi Cawapres Anies, PKB: Itu Jalan Langit

Topik:

  • Aan Pranata

Berita Terkini Lainnya