Bupati Enrekang Muslimin Bando Mundur dari Golkar

Keluarga dan moral politik disebut sebagai alasan

Makassar, IDN Times - Bupati Enrekang Muslimin Bando mengundurkan diri sebagai kader Partai Golkar. Dia menjabat Ketua DPD II Partai Golkar Enrekang.

Muslimin mengatakan telah mengirim surat pengunduran diri ke Sekretariat DPD Pargai Golkar Sulawesi Selatan pada 26 September 2023. Keluarga dan moral politik disebut jadi alasan dia meninggalkan Partai Beringin, sebab ada anaknya di partai lain.

"Tidak beretika ketika anak dan bapak bertarung dalam politik. Kalau saya di Golkar, Mitra Fakhruddin di PAN dan kita sama-sama maju, masyarakat akan menilai negatif dan menganggap kami serakah," kata Muslimin dalam keterangannya kepada wartawan, Rabu (27/9/2023).

Baca Juga: Pj Gubernur Lantik Empat Penjabat Kepala Daerah di Sulsel

1. Muslimin membuka ruang bagi kader potensial Partai Golkar

Bupati Enrekang Muslimin Bando Mundur dari GolkarPartai Golkar (golkar.or.id)

Muslimin Bando menyatakan bukan hanya dia yang mundur dari Partai Golkar. Anak keduanya, Furqan Sutrisno yang sudah masuk dalam daftar caleg sementara (DCS) untuk DPR RI juga mundur.

Muslimin mengatakan, keputusan ini dia ambil sekaligus untuk memberikan ruang kepada kader Golkar potensial yang lain. "Kenapa saya secepatnya menyampaikan pemgunduran diri, supaya Golkar tidak terhalang untuk mencarikan pengganti buat saya," ucapnya.

2. Dikabarkan kembali ke PAN

Bupati Enrekang Muslimin Bando Mundur dari GolkarBupati Enrekang, Muslimin Bando. (Dok. PLN)

Muslimin Bando ramai dikabarkan bakal kembali ke Partai Amanat Nasional (PAN). Dia pernah membawa partai itu memang di Enrekang, yaitu pada Pemilihan Legislatif 2014 dan Pemilihan Kepala Daerah di tahun yang sama.

Namun dia enggan menjawab rumor soal itu. Dia mengaku belum punya rencana bergabung dengan partai lain. "Sebelum kita ada di dalamnya, tidak boleh dikatakan pasti," kata dia.

3. Golkar segera mencari plt Ketua Golkar Enrekang

Bupati Enrekang Muslimin Bando Mundur dari GolkarANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A

Pengurus DPD I Golkar Sulsel telah menerima surat pengunduran diri Muslimin Bando. Hal itu disampaikan Ketua Badan Pemenangan Pemilu (Bappilu) Golkar Sulsel La Kama Wiyaka.

La Kama mengatakan, saat ini Golkar Sulsel tengah mencari Plt Ketua DPD II Enrekang. Pengisian jabatan penting untuk menyambut agenda Pemilu 2024.

"Kami segera mencarikan Plt untuk menjalankan tugas-tugas partai. "Tentu penggantinya diharapkan jauh lebih baik, berenergi, dan (punya) track record yang cukup," katanya.

Baca Juga: 5 Spot Wisata Pilihan di Enrekang, Cocok Banget untuk Piknik

Topik:

  • Aan Pranata

Berita Terkini Lainnya