Bupati Adnan Lepas 641 Calon Haji asal Gowa

21 ribu orang di Gowa masuk daftar tunggu haji

Makassar, IDN Times - Bupati Gowa Adnan Purichta Ichsan membuka Bimbingan Manasik Haji di Masjid Agung Syekh Yusuf, Sungguminasa, Senin (22/4/2024). Pada kegiatan itu, Adnan sekaligus melepas jemaah calon haji untuk berangkat ke Tanah Suci pada musim haji 1445 Hijriah tahun 2024.

Dalam sambutannya, Adnan menyebut jemaah haji merupakan orang-orang pilihan karena bisa beribadah di dua kota suci, Makkah dan Madinah. Kesempatan itu sebaiknya dimanfaatkan sebaik mungkin.

"Bapak-ibu semua adalah orang-orang pilihan yang dipilih Allah untuk berziarah ke rumah-Nya, sehingga manfaatkan kesempatan ini dengan baik," ungkapnya.

Adnan berpesan agar jemaah haji asal Gowa mampu menunjukkan kebersamaan dan kekompakan. Jemaah haji juga diingatkan mempersiapkan fisik dan mental, karena ibadah haji merupakan perjalanan panjang.

"Semoga kita selalu sehat dan kita semua dalam lindungan Allah SWT. Terpenting selalu kompak dan saling membantu sesama orang Gowa karna kita bersaudara, serta ikuuti aturan para pendamping haji agar terhindar dari hal-hal yang tidak diingankan," pesan Adnan.

Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Gowa Aminuddin mengatakan tahun ini sebanyak 641 orang dari Gowa dapat kesempatan berangkat haji. Adapun sisa daftar tunggu calon haji sebanyak 21.807 orang, dengan waktu tunggu rata-rata 37 tahun.

"Alhamdulillah kuota Kabupaten Gowa tahun ini sejumlah 641 orang yang terdiri dari tiga kloter, yakni kloter lima sebanyak 450 orang pada 14 Mei, kloter delapan 117 orang pada 17 Mei, dan kloter 36 sebanyak 81 orang pada 6 Juni," katanya.

Pada pelepasan jemaah haji, turut hadir Wakil Bupati Gowa Abdul Rauf Malaganni, Pj Sekda Gowa Abdul Karim Dania, Ketua MUI Gowa, Forkopimda Gowa dan Pimpinan SKPD Lingkup Pemkab Gowa. 

Baca Juga: Asrama Haji Makassar Siap Sambut Jemaah dari 8 Provinsi

Topik:

  • Aan Pranata

Berita Terkini Lainnya