BMKG: Waspadai Cuaca Buruk di Sulsel 20-23 Februari

Hujan lebat berpotensi memicu banjir hingga tanah longsor

Makassar, IDN Times - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) mengeuarkan peringatan dini cuaca buruk di wilayah Sulawesi Selatan, 20-23 Februari 2022.

Menurut hasil analisis BMKG, prospek kondisi dinamika atmosfer menunjukkan adanya potensi peningkatan curah hujan di wilayah Sulsel. Masyarakat diimbau waspada.

"Himbauan kepada masyarakat dan pengguna layanan transportasi darat/laut/udara agar tetap waspada dan berhati-hati terhadap dampak bencana hidrometeorologi pada tanggal 20-23 Februari 2022," bunyi peringatan dini yang diteken Kepala Balai Besar BMKG Wilayah IV Makassar Irwan Slamet, Jumat (18/2/2022).

Baca Juga: Enam Daerah di Sulsel Masuk PPKM Level 3, Termasuk Makassar

1. Penyebab tingginya curah hujan

BMKG: Waspadai Cuaca Buruk di Sulsel 20-23 FebruariIlustrasi Suasana Hujan (IDN Times/Reza Iqbal Ghifari)

Pada 20-23 Februari 2022, BMKG memperkirakan sejumlah daerah di Sulsel mengalami hujan dengan intensitas sedang hingga lebat. Anomali suhu laut di Selat Makassar bagian Selatan, Perairan Selayar, dan Teluk Bone bagian Selatan bernilai positif sehingga menambah massa uap air di wilayah Sulsel.

Pada masa tersebut, kelembaban udara lapisan atas hingga ketinggian 500 mb diprakirakan dalam kondisi basah (70-100 persen).

Dampak dari tingginya curah hujan adalah potensi banjir atau genangan, tanah longsor, angin kencang, pohon tumbang, keterlambatan jadwal penerbangan/pelayaran, dan meluapnya tambak budidaya.

2. Daerah yang berpotensi hujan lebat

BMKG: Waspadai Cuaca Buruk di Sulsel 20-23 FebruariIlustrasi hujan. (ANTARA FOTO/Nova Wahyudi)

Hujan dengan intensitas sedang hingga lebat berpotensi terjadi di wilayah Sulsel bagian barat, meliputi Kota Parepare dan Makassar, serta Kabupaten Barru, Pangkep, Maros, dan Takalar.

Di bagian selatan, kondisi itu berpotensi terjadi di Jeneponto, Bantaeng, Bone, Sinjai, Bulukumba, dan Selayar. BMKG juga mengingatkan potensi angin kencang di pesisir barat, selatan, dan timur Sulsel.

3. Waspadai gelombang tinggi di laut

BMKG: Waspadai Cuaca Buruk di Sulsel 20-23 FebruariIDN Times/Sukma Sakti

Masyarakat juga diimbau mewaspadai gelombang tinggi di perairan sekitar Sulsel. Gelombang dengan ketinggian 1,25--2,5 meter (Moderate Sea) mungkin terjadi di perairan Spermonde Makassar, perairan Selayar, dan Laut Flores.

Sedangkan gelombang ketinggian 2,5--4 meter berpotensi terjadi di Selat Makassar bagian Selatan, perairan Parepare, perairan Spermonde Pangkep, dan Teluk Bone bagian selatan.

"Masyarakat diharapkan selalu memperhatikan informasi dari BMKG serta instansi terkait untuk memastikan mitigasi bencana hidrometeorologi dapat dilakukan dengan baik," kata Irwan Slamet.

Baca Juga: Kasus COVID-19 Naik, IDI Makassar Minta Sekolah Kembali Daring

Topik:

  • Aan Pranata

Berita Terkini Lainnya