BMKG Peringatkan Gelombang Tiggi di Perairan Sulsel

Gelombang tinggi diprediksi terjadi tiga hari ke depan

Makassar, IDN Times - Balai Besar Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BBMKG) Wilayah IV Makassar mengeluarkan peringatan dini cuaca ekstrem, hari ini, Senin (22/1/2024). Peringatan dini berupa potensi gelombang tinggi di laut, terutama di kawasan perairan Sulawesi Selatan.

Diprediksi terjadi gelombang tinggi atau rough sea dengan ketinggian 2,5 meter hingga empat meter di laut. Kondisi itu berpotensi terjadi di Laut Flores bagian barat, Perairan Pulau Bonerate -Kalaotoa bagian utara, Perairan Pulau Bonerate - Kalaotoa bagian selatan, dan Laut Flores bagian timur.

Selain itu, gelombang sedang atau moderate sea dengan ketinggianhingga 2,5 meter bisa terjadi di perairan Selat Makassar bagian Selatan. Antara lain perairan Parepare, perairan Spermonde Pangkep, perairan Spermonde Makassar, perairanBarat Kepulauan Selayar, dan sekitarnya.

"Kami melihat masih akan terjadi dalam tiga hari kedepan. Setelah tiga hari akan cenderung membaik dan terus perbarui info cuaca dari kami," tulis kanal resmi BBMKG di WhatsApp, Senin.

Di hari yang sama, BBMKG Wilayah IV memprediksi turun hujan di sebagian besar wilayah Sulsel. Intensitas hujan variatif, dari hujan ringan hingga sedang. "Waspada potensi bencana hidrometeorologi di wilayah Sulawesi Selatan," tulis BMKG.

Topik:

  • Aan Pranata

Berita Terkini Lainnya