Besok Jenazah Ichsan Yasin Limpo Diterbangkan dari Jepang  

Gubernur sampaikan duka cita mendalam

Makassar, IDN Times - Bupati Gowa periode 2005-2015 Ichsan Yasin Limpo meninggal di Tokyo, Jepang, Selasa (30/7) waktu setempat. Jenazahnya segera dipulangkan untuk dimakamkan di kampung halaman.

Kepala Bagian Humas dan Kerja sama Pemerintah Kabupaten Gowa Abdullah Sirajuddin mengatakan, Bupati Adnan Purichta Ichsan akan membawa pulang jenazah Ichsan dari Jepang pada Rabu (31/7). Adnan memang sedang cuti untuk menyertai sang ayah berobat di Negeri Sakura. Jika sesuai jadwal, jenazah akan tiba di Makassar pada malam hari.

"Pemulangan jenazah dari Jepang ke Indonesia jika dengan prosedur normal makan waktu dua sampai tiga hari. Pihak keluarga sementara berkoordinasi dengan Kedutaan Besar Indonesia di Jepang untuk percepatannya," kata Abdullah melalui pesan singkat, Selasa (30/7).

Baca Juga: Ichsan Yasin Limpo Meninggal Dunia, Ini Kiprah Sang 'Mr. Komitmen'

1. Jenazah akan disemayamkan di Jalan Haji Bau Makassar

Besok Jenazah Ichsan Yasin Limpo Diterbangkan dari Jepang  Instagram/adnanpurichtaichsan

Abdullah mengatakan, pihak keluarga saat ini tengah mempersiapkan penyambutan jenazah. Untuk mempermudah kerabat melayat, jenazah rencananya akan disemayamkan di rumah orang tua Ichsan, di Jalan Haji Bau Nomor 32 Makassar.

Di saat yang sama, kakak Ichsan, Syahrul Yasin Limpo sedang dalam perjalanan ke Jakarta untuk pengurusan jenazah. "Siang ini Bapak SYL akan ke Jakarta untuk pengurusan pesawat lanjutan dari Jakarta ke Makassar setelah tiba dari Jepang," kata Abdullah.

2. Ichsan meninggal setelah tiga bulan menjalani perawatan

Besok Jenazah Ichsan Yasin Limpo Diterbangkan dari Jepang  ANTARA FOTO/Yusran Uccang

Ichsan meninggal di Tokyo, pukul 7.30 waktu setempat. Kabar itu disampaikan kerabatnya yang juga Kepala Biro Humas dan Protokol Pemerintah Provinsi Sulsel Devo Khaddafi.

Ichsan, selama tiga bulan terakhir, berjuang melawan penyakit kanker paru yang diderita. Selain di Jepang, ia juga menjalani perawatan di Singapura. 

Baca Juga: Ichsan Yasin Limpo, si Pendobrak Bidang Pendidikan Sulawesi Selatan

3. Jenazah Ichsan dimakamkan di Panaikang

Besok Jenazah Ichsan Yasin Limpo Diterbangkan dari Jepang  Dok. IDN Times/Istimewa

Rencananya, jenazah Ichsan akan disalatkan di Masjid Agung Syekh Yusuf Sungguminasa, Kabupaten Gowa, pada hari Kamis (1/8) pukul 09.00 WITA.

Pihak keluarga juga menyampaikan, bahwa pemakaman jenazah Ichsan dilakukan di Pekuburan Islam Panaikang, Jl Urip Sumohardjo Makassar.

4. Gubernur sampaikan duka cita mendalam

Besok Jenazah Ichsan Yasin Limpo Diterbangkan dari Jepang  Dok. IDN Times/Istimewa

Gubernur Sulawesi Selatan Nurdin Abdullah menyampaikan bela sungkawa atas meninggalnya Ichsan Yasin Limpo. Nurdin mendoakan kepergian almarhum. 

"Semoga Almarhum kembali dengan keadaan Insyaa Allah khusnul khatimah dan keluarga diberi kekuatan dan ketabahan, Aamiin ya robbal 'alamiin," ucapnya.

Nurdin sempat menjenguk IYL yang menjalani perawatan di (RS) Mount Elizabeth Hospital di Singapura Senin (1/7). Ia sempat berbincang dengan keluarga IYL terkait kondisi yang dialami. Saat itu, Nurdin Abdullah kemudian meminta kepada warga agar mendoakan Ichsan YL kembali sehat.

Topik:

  • Ita Lismawati F Malau
  • Irwan Idris

Berita Terkini Lainnya