Bawaslu Sulsel Panggil Sekda Takalar soal Dugaan Kampanyekan Gibran

Bawaslu Takalar lebih dulu menelusuri informasi awal

Makassar, IDN Times - Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Sulawesi Selatan menjadwalkan pemanggilan Sekretaris Daerah Kabupaten Takalar M. Hasbi. Pemanggilan terkait beredarnya video Hasbi diduga mengampanyekan calon wakil presiden nomor urut 2 Gibran Rakabuming Raka.

Bawaslu Sulsel telah menerima dua laporan soal video itu, yang kini tengah ditelusuri. Laporan masing-masing dari tim hukum pasangan calon presiden nomor urut 1 dan 3.

"Kita akan panggil yang bersangkutan untuk dimintai klarifikasinya, nanti setelah kita telusuri (laporan)," kata Komisioner Bawaslu Sulsel Abdul Malik kepada IDN Times, Kamis (18/1/2024).

Baca Juga: Bawaslu Selidiki Video Dugaan Pelanggaran Sekda Takalar

Baca Juga: Giliran TPD Ganjar-Mahfud Sulsel Laporkan Sekda Takalar ke Bawaslu

1. Bawaslu Takalar sudah kumpulkan informasi awal

Bawaslu Sulsel Panggil Sekda Takalar soal Dugaan Kampanyekan Gibranlogo Bawaslu (bawaslu.go.id)

Abdul Malik mengatakan, Bawaslu Takalar sudah lebih dulu menelusuri informasi awal terkait video tersebut. Penelusuran berjalan sebelum masuknya dua laporan di Bawaslu Sulsel.

"Jadi sebelum masuknya laporan terkait peristiwa dugaan oknum Sekretaris Daerah Kabupaten Takalar ini, sebenarnya saat itu Bawaslu Takalar melakukan penelusuran awal yang masuk di sana," terang Malik.

2. Bawaslu Sulsel tetap proses laporan yang masuk

Bawaslu Sulsel Panggil Sekda Takalar soal Dugaan Kampanyekan GibranKantor Bawaslu Sulsel di Jalan AP Pettarani Makassar. IDN Times/Dahrul Amri Lobubun

Meski penelurusan informasi awal berlangsung di Bawaslu Takalar, Bawaslu Sulsel tetap memproses laporan yang masuk. Laporan itu juga bakal diproses sesuai aturan berlaku.

"Dan laporan telah diterima di sekretariat Bawaslu Sulsel pada bagian penerimaan laporan. Laporannya telah diregistrasi dan ditindaklanjuti sesuai perbawaslu tentang penanganan temuan dan laporan," Malik menjelaskan.

3. Sebut-sebut anak Jokowi, Sekda Takalar mengaku pernyataannya dipenggal

Bawaslu Sulsel Panggil Sekda Takalar soal Dugaan Kampanyekan GibranSekda Takalar Muhammad Hasbi. (Dok. takalarkab.go.id)

Beredar video Sekretaris Daerah KabupatenTakalar Muhammad Hasbi diduga mengampanyekan salah satu pasangan calon presiden dan calon wakil presiden. Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) tengah menelusuri dugaan pelanggaran tersebut.

Dalam video yang beredar, Sekda Takalar membahas soal tenaga pendidikan. Dia menyinggung janji Presiden Joko Widodo membuka perekrutan calon pegawai negeri sipil (CPNS) jika salah satu calon menang di Pemilihan Presiden 2024. Calon dimaksud mengarah kepada Gibran Rakabuming, yang tak lain anak Jokowi.

“Pak Jokowi sudah janjikan, kalau anaknya menang (Gibran), Insyaallah akan dilanjutkan program pengangkatan CPNS jutaan. Itu harus diapresiasi, pengakatan CPNS kita butuh,” kata Muhammad Hasbi dalam video tersebut.

Video itu diabadikan pada kegiatan Rembuk Guru Lingkup Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Takalar. Acara berlangsung di Museum Daerah Balla Appaka Sulapa, Takalar, Rabu, 10 Januari 2024. Menurut informasi yang dihimpun, Hasbi hadir membuka kegiatan itu.

Hasbi pun menjelaskan awal mula sambutannya yang kemudian viral karena dianggap mengkampanyekan pasangan capres dan cawapres tertentu. Sambutannya itu rupanya merupakan bagian dari acara Rembuk Guru Kabupaten Takalar.

"Jadi begini, sambutan saya tersebut terjadi pada 10 Januari 2023 pada acara Rembuk Guru Kabupaten Takalar. Seluruh guru hadir, baik guru PNS, PPPK dan honorer. Ada tanya jawab di situ yang kemudian berkembang menjadi diskusi," kata Hasbi melalui siaran persnya, Senin (15/1/2024).

Para guru honorer, kata Hasbi, mempertanyakan kebijakan pemerintah yang belum mengangkat mereka menjadi PPPK padahal sudah mengabdi bertahun-tahun. Hasbi pun lantas menjelaskan mengenai postur APBD Pemkab Takalar yang tidak mampu menjamin ketersediaan anggaran untuk gaji PPPK jika ditambah.

"Di situlah saya kutip pernyataan Bapak Presiden yang berkomitmen mengangkat jutaan CPNS pada masa mendatang. Tidak ada ajakan memilih pasangan calon atau pun menyampaikan visi misi paslon yang saya sampaikan adalah program presiden," kata Hasbi.

Baca Juga: Viral Sekda Takalar Diduga Kampanyekan Gibran: Videonya Dipenggal

Topik:

  • Aan Pranata

Berita Terkini Lainnya