Basarnas Makassar Evakuasi Kru Kapal Asing Kecelakaan Kerja di Laut

Korban butuh evakuasi medis segera karena jari tangan putus

Makassar, IDN Times - Basarnas Makassar mengerahkan tim SAR mengevakuasi seorang kru kapal asing, yang mengalami kecelakaan kerja di laut, Sabtu (17/2/2024). Korban dijemput untuk mendapatkan penanganan medis di Kota Makassar.

Korban diketahui bernaa Liu Zhengfu, asal China. Dia mengalami kecelakaan kerja saat kapalnya, MV Heng Sang, melintas di perairan Indonesia. Kapalnya berlayar dari Pelabuhan Walcot Australia menuju Pelabuhan Rizhao, China.

"Jari kirinya putus, sehingga membuthukan medivac (evakuasi medis) segera mungkin," kata Kepala Basarnas Makassar Meksianus Bekabel, Sabtu.

Menerima laporan tersebut, Basarnas Makassar mengerahkan tim SAR dengan KN Sar Kamajaya menuju kapal korban di perairan Makassar. Tim berangkat dari Pelabuhan Soekarno-Hatta Makassar, dengan jarak 3,3 mil laut ke lokasi kejadian kecelakaan. Perjalanan butuh waktu 45 menit.

"Tim sar gabungan menuju ke lokasi penjemputan untuk memberi pertolongan sementata ke korban sebelum diantarkan ke rumah sakit terdekat," ucap Mexianus.

Usai menjemput korban, tim SAR membawanya ke Pelabuhan Makassar untuk diantar ke rumah sakit terdekat. Pada evakuasi ini, Basarnas Makassar berkoordinasi dengan pihak-pihak terkait, di antaranya Imigrasi, Polair, dan instansi lainnya.

Topik:

  • Aan Pranata

Berita Terkini Lainnya