Banjir di Toraja, Basarnas Evakuasi Sembilan Warga Terdampak

Hujan akibat hujan intensitas tinggi pada Minggu malam

Intinya Sih...

  • Banjir melanda Kelurahan Makale, Kecamatan Makale, Kabupaten Tana Toraja akibat hujan intensitas tinggi.
  • Basarnas Makassar mengerahkan personel untuk evakuasi warga terdampak banjir di rumah sekitar bantaran sungai.
  • Tim SAR berhasil mengevakuasi 9 orang dan menyimpulkan bahwa 60 hunian terdampak sudah dalam posisi aman. Hingga saat ini, pantauan banjir berangsur surut namun tetap siaga.

Makassar, IDN Times - Banjir melanda Kelurahan Makale, Kecamatan Makale, Kabupaten Tana Toraja, pada Minggu malam (25/2/2024). Banjir dipicu hujan intensitas tinggi yang mengguyur wilayah Tana Toraja.

Basarnas Makassar mengerahkan personel ke lokasi, sebab beberapa warga yang rumahnya berada di sekitar bantaran sungai terdampak banjir dan membutuhkan evakuasi.

"Kami menerima laporan ada warga terdampak banjir di wilayah Makale Tana Toraja yang membutuhkan evakuasi, karenanya kami menerjunkan personel di Unit Siaga Tana Tirana segera menuju ke lokasi," kata Mexianus Bekabel, Kepala Kantor Basarnas Makassar, dalam keterangannya, Senin pagi (26/2/2024).

Baca Juga: Berisiko, Tim Damkar Makassar Menolak Tangkap Buaya di Sungai Tallo

1. Basarnas evakuasi warga dengan perahu karet

Banjir di Toraja, Basarnas Evakuasi Sembilan Warga TerdampakKepala Kantor Basarnas Makassar Mexianus Bekabel. (Dok. Basarnas Makassar)

Tiba di lokasi, tim SAR memantau wilayah terdampak lalu mengevakuasi warga yang terjebak banjir di rumah. Tim SAR mengevakuasi warga dengan menggunakan perahu karet.

"Sesaat Tim tiba di lokasi, langsung berkoordinasi dengan instansi dan masyrakat setempat untuk melakukan evakuasi terhadap warga yang rumahnya terdampak," ucap Mexianus.

2. Sembilan orang dievakuasi, di antaranya empat anak-anak

Banjir di Toraja, Basarnas Evakuasi Sembilan Warga TerdampakTim SAR mengevakuasi warga terdampak banjir di Kecamatan Makale, Kabupaten Tana Toraja, Sulawesi Selatan, Minggu malam (25/2/2024). (Dok. Basarnas Makassar)

Basarnas mengevakuasi sembilan orang, terdiri dari lima orang dewasa dan empat anak-anak. Mereka yang dievakuasi sudah dibawa ke tempat lebih aman.

Menurut hasil asesmen bersama instansi terkait, ada sebanyak 60 rumah hunian yang terdampak banjir kali ini. Namun seluruh warga yang terdampak sudah dipastikan aman.

"Selain mengevakuasi sembilan orang, Tim juga melakukan assesment di lapangan bersama instansi terkait dan menyimpulkan bahwa sekitar 60 hunian terdampak warganya sudah dalam posisi aman semua dan tidak memerlukaan evakuasi," ucap Mexianus.

3. Tim SAR siaga di lokasi

Banjir di Toraja, Basarnas Evakuasi Sembilan Warga TerdampakTim SAR mengevakuasi warga terdampak banjir di Kecamatan Makale, Kabupaten Tana Toraja, Sulawesi Selatan, Minggu malam (25/2/2024). (Dok. Basarnas Makassar)

Hingga saat ini pantauan banjir di Makale berangsur surut dan rumah terdampak sudah berkurang. Namun tim SAR tetap siaga untuk segera bergerak saat dibutuhkan.

Mexianus menyampaikan imbauan agar warga segera mengevakuasi diri mandiri bila terjadi peningkatan volume air di sekitar pemukiman. "Kami berharap bahwa ke depan bila terjadi banjir agar warga terdampak bisa melakukan evakuasi mandiri ke tempat lebih aman untuk menghindari risiko keselamatan," kata Mexianus.

Baca Juga: Terdesak Utang, Pria di Tana Toraja Rampok Keluarga Sendiri

Topik:

  • Aan Pranata

Berita Terkini Lainnya