Asrama Haji Makassar Siap Tampung 500 Pasien COVID-19

Ada lima wisma yang disiapkan untuk pasien COVID-19

Makassar, IDN Times - Kepala Kantor Wilayah kementerian Agama Sulawesi Selatan Khaeroni menyatakan Asrama Haji Makassar siap dijadikan tempat isolasi pasien COVID-19. Asrama haji jadi alternatif di luar rumah sakit rujukan, jika kasus COVID-19 terus meningkat.

Kesiapan itu disampaikan Khaeroni saat meninjau fasilitas Asrama Haji Makassar, Sabtu (24/7/2021). Dia berkunjung bersama staf ahli bidang kesehatan Pemerintah Provinsi Sulsel Prof dr. Budu.

"Menag sudah memerintahkan kepad akami untuk mengoptimalkan pemanfaatan asrama haji sebagai tempat penanganan pasien COVID-9 untuk isolasi mandiri dan atau keperluan darurat lainnya," kata Khaeroni.

Baca Juga: 457 Kamar Asrama Haji Makassar Dipakai Isolasi COVID-19

1. Ada lima wisma yang siap jadi tempat isolasi

Asrama Haji Makassar Siap Tampung 500 Pasien COVID-19Asrama Haji Makassar. Dok. Kemenag Sulsel

Setidaknya ada lima wisma yang akan dijadikan tempat isolasi pasien COVID-19. Masing-masing Wisma Uhud, Wisma Shafa, Wisma Marhamah, serta dua wisma lama, yakni Wisma 3 dan 5.

Wisma tersebut bisa menampung hingga 500 pasien. Asrama haji juga menyiapkan poliklinik untuk menampung sekitar 30 tenaga kesehatan.

"Untuk tahap awal jika memang nantinya digunakan, ini yang kita siapkan. Namun harapan kita bersama semoga pasien tidak terus bertambah sehingga wisma yang ada di asrama haji ini tidak terpakai semua", kata Kepala Sub Bagian Tata Usaha Kemenag Sulsle Rusdi.

2. Asrama haji untuk pasien tanpa gejala atau bergejala ringan

Asrama Haji Makassar Siap Tampung 500 Pasien COVID-19Ilustrasi Swab Test (ANTARA FOTO/Muhammad Adimaja)

Staf ahli bidang kesehatan Pemprov Sulel Prof. dr. Budu menyampaikan, saat ini perlu disipakan langkah antisipatif. Sebab grafik pengidap COVID-19 di Sulsel terus naik. Tempat alternatif selain rumah sakit rujukan sangat diperlukan.

"Kita harus mengantisipasi kalau terjadi penambahan pasien yang ringan atau penderita tanpa gejala, dan Asrama haji ini fasilitasnya sangat lengkap bahkan kamarnya setara kamar hotel sehingga sangat layak dijadikan tempat isolasi mandiri bagi pasien Covid tanpa gejala (OTG) atau gejala ringan", ucap kata Budu.

3. Perlu sosialisasi kepada warga di sekitar asrama haji

Asrama Haji Makassar Siap Tampung 500 Pasien COVID-19Ilustrasi Ruang Isolasi Mandiri COVID-19. (ANTARA FOTO/Zabur Karuru)

Kakanwil menyampaikan, penggunaan Asrama Haji Makassar untuk isolasi COVID-19 perlu dibarengi dengan sosialisasi. Terutama bagi warga di sekitar, untuk menghindari penolakan.

Pengelola maupun pegawai yang bertugas di wisma juga diharapkan tidak panik, dan diberi tawaran agar tetap bekerja seperti biasa.

"Tentunya akan dilakukan training bagi para karyawan di sini, namun jika tidak bersedia tidak apa-apa dan perannya akan digantikan oleh orang-orang yang ditugaskan oleh pihak Pemprov", ucap Khaeroni.

Baca Juga: Jadi Tempat Isolasi, Asrama Haji Kini Diisi 1.054 Pasien COVID-19

Topik:

  • Aan Pranata

Berita Terkini Lainnya