Apel Siaga, PPIH Embarkasi Makassar Siap Sambut Jemaah Haji

Pelayanan bagi jemaah lansia jadi prioritas

Makassar, IDN Times - Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Embarkasi Makassar menggelar apel siaga, di halaman wisma Jabal Uhud Asrama Haji Sudiang Makassar, Jumat pagi (10/5/2024). Apel dalam rangka memantapkan persiapan operasional penyelenggaraan ibadah haji 1445 Hijriah tahun 2024.

Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Sulawesi Selatan M. Tonang bertindak sebagai inspektur apel. Kegiatan dihadiri dihadiri seluruh unsur PPIH, yaitu keamanan dari Polda Sulsel, Imigrasi, KKP Kesehatan, Beacukai, Angkasa Pura, Maskapai Garuda Indonesia, Gapura Angkasa, Damri, Otoritas Bandara, UPT Asrama Haji Makassar, penyedia layanan katering, serta P3IH.

Usai melakukan pemeriksaan barisan, Kakanwil Tonang dalam arahannya mengungkapkan bahwa persiapan PPIH embarkasi Makassar untuk menerima dan memberangkatkan jemaah haji telah hampir mencapai seratus persen.

“Atas nama PPIH, sampai hari ini persiapan kita untuk menjemput jemaah, kita nyatakan 99 persen telah siap, termasuk kelengkapan dokumen seperti visa sudah 99 persen,” kata Kakanwil yang juga merupakan Ketua PPIH Embarkasi-Debarkasi Makassar.

Begitu pun dari segi sarana prasarana, kata Tonang, pihak UPT Asrama Haji telah melakukan persiapan sebaik mungkin. Termasuk melakukan inovasi-inovasi, seperti menyiapkan bus shalawat untuk melayani jemaah selama dikarantina.

Selain itu, Kakanwil juga menyampaikan tahun ini tagline yang diusung masih seperti tahun sebelumnya, yaitu haji ramah lansia. Tonang mengimbau seluruh unsur yang terlibat dalam PPIH embarkasi Makassar memberi pelayanan terbaik kepada jemaah lansia dan meniatkan itu sebagai ibadah.

“Jemaah haji lansia kita setiap kloter itu ada 30 peren. Layanan one stop services dan fast track tentu akan sangat membantu. Jika sebelumnya memakan waktu dua stengah sampai tiga jam, sekarang kita upayakan kurang dari dua jam seluruh layanan selesai, tentu dengan memprioritaskan jemaah lansia,” ucapnya.

Pada kesempatan ini, Tonang juga mengungkapkan adanya penambahan kuota haji untuk Sulawesi Selatan. Diketahui, Sulsel pada tahun 2024 ini akan memberangkatkan jemaah haji berjumlah 7.884 orang, bertambah dari kuota awal 7.272. Penambahan itu berasal dari tamabahan kuota 468, optimalisasi kuota 64, dan selisih mutasi sebanyak 80 orang.

Embarkasi Makassar jadi pintu pemberangkatan jemaah haji dari delapan provinsi dengan jumlah 16.669 orang. Selain Sulsel, jemaah haji berasal dari Sulawesi Barat, Sulawesi Tenggara, Gorontalo, Maluku, Maluku Utara, Papua, dan Papua Barat. Selain jemaah haji 16.343, rombongan terdiri dari Petugas Haji Daerah (PHD) 121 orang dan PPIH Kloter 205 petugas.

Berdasarkan jadwal terbaru yang dirilis oleh Bidang Penyelenggaraan Haji dan Umrah (PHU) Kanwil Kemenag Sulsel, kloter pertama akan diberangkatkan ke Madinah pada Minggu 12 Mei 2024 pukul 16.30 Wita. Kloter 1 beranggotakan 442 orang asal Kota Makassar, didampingi delapan petugas kloter.

Baca Juga: Dua Kloter Awal Jemaah Haji Embarkasi Makassar Berangkat 12 Mei

Topik:

  • Aan Pranata

Berita Terkini Lainnya