Aliansi Ummat Islam Sulsel Dukung MUI Keluarkan Fatwa Sesat Al Zaytun

Polemik Al Zaytun dianggap sebagai persoalan serius

Makassar, IDN Times - Sejumlah organisasi kemasyarakatan Islam yang tergabung di Aliansi Umat Islam Sulawesi Selatan menyikapi polemik Pondok Pesantran Al Zaytun. Sikap mereka dituangkan lewat sebuah pernyataan sikap.

Dalam penyampaiannya, Ustaz Farid Ma'ruf Nur yang membacakan maklumat itu, menyatakan dukungan kepada Majelis Ulama Indonesia (MUI) agar segera mengeluarkan fatwa tentang kesesatan Ponpes Al Zaytun.

“Kami menyatakan mendukung penuh MUI Pusat untuk segera mengeluarkan fatwa terhadap kesesatan Pondok Pesantren Al-Zaytun, yang berada di Kabupaten Indramayu, Provinsi Jawa Barat,” ujar  Farid dalam keterangan pers yang diterima, Senin (3/7/2023).

Baca Juga: Tudingan Ajaran Sesat di Al Zaytun Jangan Sampai Memicu Kriminalisasi

1. Mabes Polri diminta mengusut dugaan penistaan agama

Aliansi Ummat Islam Sulsel Dukung MUI Keluarkan Fatwa Sesat Al Zaytun(Instagram/Al Zaytun Indonesia)

Aliansi Ummat Sulawesi Selatan juga meminta dan mendesak pihak Mabes Polri mengusut dugaan praktek kesesatan dan tindak pidana penistaan agama yang dilakukan Panji Gumilang selaku pimpinan Ponpes Al-Zaytun. Selanjutnya, pemerintah juga didesak agar segera mencabut izin operasional dan membekukan Ponpes Al-Zaytun.

“Kami juga meminta dan mendesak agar pemerintah segera mencabut izin operasional pondok tersebut dan membekukannya secara kelembagaan,” kata Ustadz Farid, yang juga merupakan ketua Aliansi Nasional Anti Syiah (ANNAS) Sulawesi Selatan.

2. Polemik Al Zaytun disebut sebagai persoalan serius

Aliansi Ummat Islam Sulsel Dukung MUI Keluarkan Fatwa Sesat Al ZaytunPanji Gumilang, Pemimpin Ponpes Al Zaytun (Debbie Sutrisno/IDN Times)

Panglima LPAS Indonesia, Shiddiq, menyebut persoalan Ponpes Al-Zaytun beserta dengan pimpinannya, Panji Gumilang, adalah masalah serius. Polemik itu harus segera diselesaikan pemerintah, dan tidak boleh dibiarkan berlarut-larut.

“Kalau dibiarkan masalah ini berlarut-larut, bisa memicu gesekan dan benturan di lapangan, sehingga persoalan ini harus diselesaikan secepatnya,” ucapnya.

3. Aliansi Umat Islam Sulawesi Selatan mewakili sejumlah ormas

Aliansi Ummat Islam Sulsel Dukung MUI Keluarkan Fatwa Sesat Al ZaytunAliansi Umat Islam Sulawesi Selatan mengeluarkan pernyataan sikap menyikapi polemik Pondok Pesantran Al Zaytun. (Dok. Istimewa)

Aliansi Umat Islam Sulawesi Selatan menghimpun sejumlah organisasi kemasyarakatan Islam. Di antaranya Mabes LPAS Indonesia, PA 212 Sulsel, GNPF Ulama Sulsel, ANNAS Sulsel.

Berikutnya, Aliansi Nasional Anti Komunis, LMPI Panakukang, Yayasan Darut Taubah Makassar, Forum Santri, Forum Arimatea Sulsel, dan Forum Pemuda Islam Makassar.

Baca Juga: Mahfud: Proses Hukum di Al Zaytun Tak Ganggu Belajar Santri

Topik:

  • Aan Pranata

Berita Terkini Lainnya