Ada Gokart dan Hoverboard Gratis di F8 Makassar, Ayo Coba!

PLN kampanyekan penggunaan kendaraan listrik ke pengunjung

Makassar, IDN Times - Jika berkunjung ke Makassar International Eight Festival and Forum (F8) di Anjungan Pantai Losari, kamu bisa menjajal stan PLN. Mereka menyediakan kendaraan listrik yang bisa dijajal berkeliling area festival.

Kendaraan yang tersedia berupa gokart dan hoverboard. PLN sengaja menyediakannya sebagai kampanye untuk mendorong penggunaan kendaraan listrik ramah lingkungan. Gokart yang mirip mobil mini serta hoverboard yang diatur dengan keseimbangan tubuh pengendara sama-sama menggunakan tenaga listrik

Rahmat, penanggung jawab stan PLN di F8 mengatakan, siapa pun pengunjung bisa menjajal kendaraan listrik tersebut. Syaratnya mudah, yaitu cukup mengunduh aplikasi PLN Mobile yang tersedia di Play Store dan APP Store.

"Para petugas di booth akan membantu proses pendaftaran dan memberikan instruksi mengenai penggunaan perangkat," kata Rahmat, Kamis (24/8/2023).

Baca Juga: PLN Sulselrabar Nyalakan Listrik 449 Keluarga Tidak Mampu

1. Kendaraan listrik bisa digunakan mengitari area festival

Ada Gokart dan Hoverboard Gratis di F8 Makassar, Ayo Coba!Pengunjung menjajal gokart dan hoverboard listrik yang disediakan di stan PLN pada festival F8 Makassar di Pantai Losari. (Dok. Istimewa)

Dengan gokart dan hoverboard, pengunjung bisa merasakan pengalaman berkeliling area F8 dengan cara menyenangkan. Pengunjung dapat menjelajahi area pameran di Zona 2 F8 dengan mudah menggunakan perangkat ini. Selain memberikan hiburan, penggunaan perangkat ini juga mengajak pengunjung untuk lebih peduli terhadap teknologi ramah lingkungan.

Pengunjung yang memanfaatkan layanan ini juga akan mendapatkan minuman gratis sebagai bonus dari stan PLN. Ini menjadi cara PLN untuk memberikan apresiasi kepada masyarakat yang telah berpartisipasi dalam acara ini.

2. Kendaraan listrik solusi mobilitas ramah lingkungan di masa depan

Ada Gokart dan Hoverboard Gratis di F8 Makassar, Ayo Coba!Stan PLN di arena pameran Festival F8 Makassar di Pantai Losari. (Dok. PLN UID Sulselrabar)

Rahmat mengatakan, gokart dan hoverboard bertenaga listrik merupakan contoh solusi mobilitas masa depan yang menyenangkan dan ramah lingkungan. Pameran F8 Makassar tahun ini menjadi panggung bagi PLN untuk memperkenalkan konsep baru yang menggabungkan teknologi, hiburan, dan kesadaran lingkungan.

"Dengan menghadirkan perangkat ini, kami ingin memperlihatkan kepada masyarakat bahwa teknologi modern dapat diintegrasikan dengan gaya hidup sehari-hari secara bermanfaat," katanya.

3. PLN kampanyekan efisiensi kendaraan listrik kepada pengunjung

Ada Gokart dan Hoverboard Gratis di F8 Makassar, Ayo Coba!Stan PLN di arena pameran Festival F8 Makassar di Pantai Losari. (Dok. Istimewa)

General Manager PLN Unit Induk Distribusi Sulawesi Selatan, Sulawesi Tenggara dan Sulawesi Barat (UID Sulselrabar), Moch. Andy Adchaminoerdin menjelaskan dalam momentum F8 Makassar 2023, pihaknya berpartisipasi dengan layanan khusus kelistrikan dengan total daya 607.900 VA. Selain itu PLN juga komitmen mendukung tumbuhnya ekosistem kendaraan listrik yang ramah lingkungan dengan membuka stan.

"Kampanye Kendaraan Listrik bertujuan untuk memperkenalkan nyamannya menggunakan dan sensasi berkendara menggunakan kendaraan listrik," ujar Andy.

Lebih lanjut Andy menuturkan bahwa beralih ke kendaraan listrik sangat menguntungkan masyarakat karena biaya operasionalnya lebih rendah. Sebagai gambaran, untuk jarak tempuh 50 kilometer (km) menggunakan sepeda motor menghabiskan 1 liter BBM dengan biaya berkisar Rp13.000, itu sama dengan menghabiskan 1,2 kWh listrik dengan biaya berkisar Rp2.500. Padahal emisi karbon 1 liter BBM setara dengan 2,4 kilogram (kg) CO2e, sedangkan 1,2 kWh listrik emisinya setara 1,3 kg CO2e.

"Dengan begitu menggunakan motor listrik lebih hemat biaya 80 persen daripada menggunakan sepeda motor BBM. Di sisi lain, dengan menggunakan kendaraan listrik kita juga sudah mengurangi sekitar 50 persen emisi karbon untuk mendukung mewujudkan udara yang lebih segar dan bersih," papar Andy.

Baca Juga: Srikandi Tangguh PLN Berperan Terangi Daerah 3T

Topik:

  • Aan Pranata

Berita Terkini Lainnya